KEMBALIKAN KATA “KRISTEN” KE AKARNYA

Bahan renungan:

Kisah Para Rasul 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kata “Kristen” diterjemahkan dari bahasa Yunani “christianos” yang artinya pengikut Kristus atau Kristus kecil. Pada waktu itu, kata “Kristen” merupakan kata yang digunakan untuk mengejek para pengikut Kristus. Orang-orang Kristen dianggap orang-orang bodoh yang menyembah Tuhan yang lemah dan mati.

(Baca juga: APAKAH IMAN KITA DAPAT MENGGERAKKAN TUHAN?)

Namun, saat para murid mulai pergi menginjil ke ujung-ujung Bumi, citra “Kristen” perlahan berubah menjadi baik dan mulia. Jika sebelumnya merupakan ejekan, lambat laun kata “Kristen” merupakan sebutan bagi orang-orang yang memberitakan tentang karya salib dan kebangkitan Kristus, dan bertingkah laku seperti Kristus, yaitu penuh dengan kasih.

Setelah 2000 tahun berlalu, di zaman kita, kata “Kristen” kembali mengalami perubahan citra. Kristen sekarang dikenal sebagai orang-orang yang eksklusif, dingin, mau menang sendiri, menganggap diri paling benar, dan lain sebagainya.

Bahkan, dalam banyak kasus, jika ada lima orang sedang bersenda gurau, tiga orang Kristen dan dua berkeyakinan lain, kita kesulitan mengenali mana yang Kristen dan mana yang bukan, kecuali dari aksesorisnya. Hal ini disebabkan gaya hidup, perkataan, tingkah laku, dan keputusan yang dilakukan orang Kristen dengan kepercayaan lain, sama.

(Baca juga: HATI-HATI TERHADAP PERSAHABATAN YANG SALAH)

Teman, hari ini saya ingin mengingatkan kita semua bahwa seharusnya kita tampil berbeda dengan dunia saat kita menyandang gelar “orang Kristen”. Kata “Kristen” tidak hanya berbicara mengenai keyakinan, tetapi juga mengenai identitas. Bahwa Kristen adalah orang-orang yang bergaya hidup dan bertingkah laku seperti Kristus, yaitu melimpah dengan kasih dan pengampunan. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s