MAU TAHU KEMAMPUAN MANUSIA BARU YANG TINGGAL DI DALAM ANDA?

Bahan renungan:

Efesus 4:24  … dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Tahukah Anda bahwa Tuhan tidak pernah lagi menciptakan spesies baru setelah Hari Penciptaan yang megah itu? Sampai ketika Yesus datang ke dunia, memberikan nyawa-Nya di kayu salib, bangkit, naik ke Sorga, dan mengaruniakan kita Roh Kudus.

(Baca juga: PAKAIAN KESELAMATAN DAN JUBAH KEBENARAN)

Saat kita mengalami LAHIR BARU, seperti yang dikatakan dalam Roma 10:9-10, TUHAN memberikan satu spesies baru dalam hati kita. Ayat Yehezkiel 36:26a mengatakan, “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu …” Itulah maksud dari MANUSIA BARU dalam ayat renungan kita di atas, yang dalam bahasa Yunaninya disebut Archaios Ktisis.

Bagaimana cara kita mengenali si manusia baru ini? Apa saja kemampuannya?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan. Apakah Anda pernah melihat alis mata Anda? Mungkin Anda berkata, “Baru saja saya melihatnya.” Tidak, Anda tidak pernah bisa melihat alis mata Anda sampai kapanpun. Selama ini Anda menggunakan cermin, atau dengan kata lain, Anda mempercayai cermin untuk melihat dan memperindah alis mata Anda.

Hal yang sama dengan manusia baru kita. Kita butuh sebuah “cermin” untuk dapat melihat dan mengetahui kemampuannya. Cermin itu adalah Firman Tuhan, karena hanya Firman Tuhan yang dapat menunjukkan manusia baru kita. Dalam Yohanes 6:63, Yesus mengatakan bahwa perkataan-Nya adalah roh dan hidup. Artinya, perkataan Kristus adalah “cermin” yang kita butuhkan untuk mengenali roh kita.

Berikut beberapa hal yang dikatakan “cermin” Firman Tuhan mengenai roh kita: jauh lebih kuat dari semua roh di dunia ini (1 Yohanes 4:4), Roh yang sama yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati (Roma 8:11), dapat melakukan pekerjaan yang lebih besar dari yang Yesus pernah lakukan (Yohanes 14:12), dan memiliki kuasa untuk mengusir setan, menginjak kalajengking, menyembuhkan yang sakit, dan membangkitkan orang mati (Markus 16:16-17).

(Baca juga: PENTINGNYA MENGHAFAL MAZMUR 23 DAN 91)

Anda perlu berhenti menggunakan “cermin” lain untuk melihat mengenai si manusia baru yang ada di dalam Anda dan mulai melihat kepada “cermin” Firman Tuhan. Identitas diri Anda yang baru ada di dalam kebenaran Firman Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s