CARA MENGECEK KONDISI HATI MELALUI PENGELUARAN KITA

Bahan renungan:

Matius 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Kadang, di depan umum, banyak orang mudah berkata, “Saya mencintai Tuhan. Saya mengasihi Yesus.” Namun, apakah benar demikian? Firman Tuhan hari ini memberitahukan kepada kita salah satu cara untuk mendeteksi apakah benar hati kita tertuju kepada Tuhan.

(Baca juga: TUHAN PERCAYA KEPADA ANDA. ITU YANG TERPENTING!)

Firman Tuhan katakan, di mana harta kita berada, di situ juga hati kita berada. Atau dengan kata lain, ke mana paling banyak kita “mengalirkan” uang kita, di sanalah sesungguhnya hati kita berada.

Saya berikan ilustasi kepada Anda. Jika Anda memiliki pendapatan sebesar 5 juta rupiah per bulan dan Anda menghabiskan 3 juta rupiah setiap bulan untuk makan, nonton, dan jalan-jalan, 1 juta rupiah untuk kebutuhan sehari-hari, 700 ribu rupiah untuk tabungan, dan 300 ribu rupiah untuk persembahan, mudah sekali untuk menebaknya bahwa bagi Anda, makan dan jalan-jalan, adalah hal terpenting dibandingkan hal lainnya.

Saya tidak katakan salah untuk menggunakan uang Anda untuk makan, jalan, belanja, atau nonton. Saya percaya Tuhan ingin Anda menikmati berkat yang Dia curahkan untuk Anda. Namun, saya percaya ada yang salah dengan hati kita kalau sampai uang makan, nonton, atau shopping kita lebih besar dari persembahan kita. Beberapa orang yang saya kenal rela mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk sekali makan dan nonton di bioskop, jutaan rupiah untuk jalan-jalan, sementara memberi persembahan hanya dua puluh ribu rupiah dan hampir tidak pernah memberi persepuluhan.

(Baca juga: BAPA SORGAWI TERLANJUR TERGILA-GILA KEPADA ANDA)

Ternyata, ke mana kita paling banyak menghabiskan harta kita menunjukkan fokus hati kita. Ya, sesekali kita perlu merinci pengeluaran, supaya kita tahu di mana hati kita berada selama ini. Jika kita benar mengasihi Tuhan, semestinya harta kita paling banyak mengalir ke hal-hal yang berhubungan dengan Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.