JANGAN TAKUT AKAN HARI ESOK

Bahan renungan:

Matius 6:34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.

Menurut ayat ini, kekuatiran itu menimbulkan kesusahan. Bagaimana tidak, kuatir membuat banyak orang sulit tidur, gelisah sepanjang hari, dan emosinya tidak terkendali. Kuatir menimbulkan banyak masalah di dalam hidup kita. Kuatir tidak mengenal tempat dan waktu. Sekalipun Anda sedang pergi liburan, Anda dapat tetap kuatir, yang pada akhirnya, rasa kuatir tersebut merusak liburan Anda yang indah bersama keluarga.

(Baca juga: KENAPA HARUS MARAH KALAU ADA YANG MENGOMENTARI ANDA?)

Itu alasannya, Yesus mengatakan, “Janganlah kamu kuatir akan hari esok.” Saya percaya maksud dari perkataan Yesus di atas bukan agar Anda santai-santai dan tidak merencanakan atau memikirkan hari esok. Bukan itu. Justru Anda perlu merencanakan atau memikirkan hari esok. Yang dimaksud Yesus adalah jangan fokus kepada masalah dan jangan mengira bahwa masalah yang Anda hadapi lebih besar daripada Tuhan yang menyertai Anda.

Mazmur 23 adalah pasal andalan saya, yang terus menerus saya ucapkan dan renungkan setiap kali saya kuatir.

“TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.”

(Baca juga: IMAN TOMAS: MENGENAL YESUS, TETAPI TIDAK MEMPERCAYAI-NYA)

Saya percaya Tuhan menyediakan hari esok yang indah untuk kita. Dia menunggu kita di sana dengan segudang kebaikan-Nya. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s