SEKALIPUN TUHAN MENGASIHI KITA, PERBUATAN JAHAT KITA ADA KONSEKUENSINYA

Bahan renungan:

1 Petrus 4:15 Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau.

Darah Yesus senantiasa menguduskan dan menyucikan hidup kita, sehingga di mata Tuhan, kita selalu dipandang layak, suci, dan tidak bercacat cela. Anda dan saya senantiasa dipandang sebagai anak kesayangan-Nya. Apapun yang kita lakukan, kasih Tuhan tidak akan berubah terhadap hidup kita, dan Dia tidak pernah lagi menghukum kita berdasarkan perbuatan dosa yang kita lakukan. Kendati demikian, tidak berarti perbuatan jahat yang kita lakukan tidak ada konsekuensinya.

(Baca juga: TIDAK SEMUA HAL YANG JAHAT BERASAL DARI IBLIS)

Seperti telah saya katakan di dalam renungan kemarin, bahwa tidak semua hal yang buruk berasal dari iblis. Dalam banyak kesempatan, kita sendirilah yang mendatangkan hal-hal buruk itu. Ya, ketika kita membuat keputusan “keluar jalur” kebenaran, kita akan memakan buah dari keputusan tersebut. Bukan Tuhan yang menyebabkan hidup Anda menderita, keputusan kitalah yang menyebabkannya. Tuhan ingin kita hidup dalam anugerah dan kebaikan-Nya.

Saya berikan contoh. Misalnya Anda merokok. Jangan heran jika suatu saat nanti Anda sakit paru-paru atau mati di usia muda. Lucunya, ketika mengalami sakit tersebut, ada perokok yang berkata, “Oh, Tuhan mengapa Engkau ijinkan sakit ini terjadi?” Teman, bukan Tuhan yang menyebabkan Anda sakit TBC atau sakit paru, tapi keputusan Anda untuk merokok yang menyebabkan itu. Saya dapat pastikan jika Anda tidak merokok, Anda tidak akan mengalami sakit paru atau sakit lain yang disebabkan oleh rokok.

Begitu juga dengan orang yang gaya berpacarannya keluar batas. Sudah tahu seks sebelum nikah itu merugikan, tetapi tetap saja dilakukan. Jika suatu saat pasangannya hamil di luar nikah atau terkena penyakit menular seksual, janganlah berkata “Oh Tuhan, mengapa Engkau biarkan hal ini terjadi? Kenapa Engkau tidak mencegahnya?”

(Baca juga: APAKAH SALAH JIKA KITA MENGHARAPKAN BERKAT DARI TUHAN?)

Teman, Tuhan mengasihi Anda dan Dia tidak ingin Anda hidup di dalam hal-hal yang buruk. Tuhan ingin Anda hidup di dalam janji-janji-Nya yang indah. Perhatikan keputusan Anda, jangan berikan otoritas kepada iblis untuk merusak hidup Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s