UANG ADALAH TUAN YANG BURUK, TETAPI HAMBA YANG BAIK

Bahan renungan:

Ibrani 13:5a Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.

Semua orang membutuhkan uang untuk hidup di dunia ini. Memang uang sangat penting, tetapi uang bukan yang terpenting dalam hidup kita. Tuhanlah yang terpenting dalam kehidupan kita. Tanpa Tuhan, kita seperti butiran pasir yang hari ini ada, tetapi besok hilang ditiup angin.

(Baca juga: DENGAN MULUT, KITA DAPAT MENGUCAPKAN BERKAT ATAU KUTUK)

Cara kita memposisikan uang sangat menentukan kehidupan seperti apa yang akan kita jalani. Jika kita menaruh uang di posisi depan, yaitu sebagai tuan kita, tidak heran jika hidup kita terlibat dengan berbagai-bagai duka. Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus mengingatkan bahwa oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Menjadikan uang sebagai tuan memiliki sebuah konsekuensi bagi kehidupan kita. Kita akan tersiksa oleh penderitaan-penderitaan yang tidak seharusnya kita alami.

Seorang pria yang saya kenal, pergi pagi dan pulang malam setiap hari, dengan tujuan membangun kerajaan bisnisnya. Tawaran untuk ke gereja, persekutuan, bahkan berlibur bersama istri ditolaknya, dengan harapan dalam 2-3 tahun ke depan bisnisnya akan berjalan lancar. Alih-alih sukses, selang satu tahun, sang istri meminta cerai karena merasa diabaikan dan kesepian. Sepanjang hari sang istri hanya sendirian di rumah, ketika bertemu, sang suami sudah kelelahan, terkadang membawa sisa marahnya dengan klien ke rumah, dan masih menyelesaikan beberapa urusan bisnis. Sungguh kehidupan pernikahan yang mengerikan.

Teman, tidak ada yang salah dengan memiliki uang, saya percaya Tuhan ingin kita hidup diberkati supaya dapat memberkati banyak orang. Namun, jangan sampai uang memiliki kita. Jangan sampai kita mencintai uang lebih daripada mencintai Tuhan.

(Baca juga: KITA DIBERIKAN KEHENDAK BEBAS UNTUK MENENTUKAN HIDUP)

Sekali lagi, uang itu sangat penting, tetapi bukan yang terpenting. Hubungan kita dengan Tuhan, keluarga, pasangan, dan anak-anak kita, jauh lebih penting dari uang. Ada hal-hal yang tidak dapat kita beli oleh uang, salah satunya adalah hubungan kita dengan Tuhan dan orang-orang yang kita sayangi. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = = = = = = = = = = =

Semua materi di blog ini saya berikan cuma-cuma bagi para pembaca setia hagahtoday.com. Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s