PENJAJAH TELAH DIKALAHKAN. KITA SUDAH MERDEKA!

Bahan renungan:

Galatia 5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, saya ingin membahas sedikit mengenai perbudakan dan kemerdekaan.

(Baca juga: UANG ANDA DAPAT MENYELAMATKAN HIDUP SESEORANG)

Saya belum pernah mendengar sebuah bangsa menyerahkan diri untuk diperbudak oleh bangsa lain. Biasanya, sebuah bangsa diperbudak atau dijajah, bukan karena keinginan bangsa tersebut. Perbudakan adalah sebuah pemaksaan kehendak. Itu sebabnya ketika sebuah bangsa menyatakan diri merdeka, seperti Bangsa Indonesia yang kita cintai, kita pasti berjuang habis-habisan jika ada bangsa lain yang berniat merebut kemerdekaan kita. Kita akan mempertahankan kemerdekaan kita, bukan malah menyerahkan diri.

Hal yang sama terjadi di dalam dunia rohani. Kristus sudah mengalahkan iblis, yang selama ini memperbudak manusia dengan dosa, dakwaan, ketakutan, dan kekuatiran. Penjajah itu sudah dikalahkan saat Yesus bangkit dari kematian 2000 tahun lalu. Kita sudah dimerdekakan dari kutuk dosa dan maut. Kemenangan sudah diberikan kepada kita. Kita perlu mempertahankannya, bukan menyerahkan diri lagi ke penjajah.

Jika kita membaca ayat renungan di atas, bukan penjajah yang perlu kita takuti, karena dia sudah dilucuti dan ditaklukkan, tetapi keinginan manusia yang mau tetap hidup di dalam kuk perhambaan yang perlu diwaspadai.

Memang sungguh ironis jika ada orang yang telah diberikan kemerdekaan, tetapi malah menyerahkan diri untuk hidup dalam belenggu. Saya tidak hanya berbicara mengenai belenggu dosa, tetapi juga belenggu ketakutan dan kekuatiran.

(Baca juga: YESUS TELAH MENGHANCURKAN KUTUK KETURUNAN)

Teman, kita adalah orang-orang merdeka di dalam Kristus. Kebangkitan-Nya memerdekakan kita dari kutuk dosa dan maut, dan janji setia-Nya memerdekakan kita dari ketakutan dan kekuatiran. Sebagai orang percaya, semestinya kita dibelenggu oleh kasih, damai sejahtera, dan sukacita, bukan dosa, ketakutan, dan kekuatiran. Merdeka! (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.