MENGAPA TUHAN TIDAK BERTINDAK SEPERTI YANG KITA HARAPKAN?

Bahan renungan:

Yesaya 55:8-9 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Beberapa orang suka menyalahkan Tuhan atas segala sesuatu yang terjadi di dalam hidupnya. Mereka mengira jika sesuatu yang buruk terjadi pada hidup mereka, itu pasti atas seijin Tuhan. Padahal, Yakobus 1:17 mengatakan Tuhan hanya memberikan yang baik dan menganugerahkan yang sempurna bagi kita.

(Baca juga: CERITAKAN INJIL SUPAYA SEISI RUMAH ANDA DISELAMATKAN)

Jadi, yang buruk sudah pasti bukan dari Tuhan. Tuhan yang kita sembah dalam nama Yesus adalah Bapa yang baik, tidak ada sedikitpun keburukan daripada-Nya.

Pertanyaan pada judul di atas adalah pertanyaan untuk meminta pertanggungjawaban Tuhan atas sesuatu yang buruk yang terjadi di dalam hidup kita. Itu adalah pertanyaan yang salah alamat. Pertanyaan yang tepat bukan “Mengapa Tuhan tidak bertindak seperti yang kita inginkan?” melainkan, “Mengapa kita tidak bertindak seperti yang Tuhan inginkan?”

Ketika Tuhan merancangkan hidup kita, Dia hanya merancangkan yang baik untuk terjadi di dalam hidup kita. Tidak ada sedikitpun rancangan-Nya yang buruk mengenai kita. Bukan Tuhan yang merancangkan kita sakit di usia 40 tahun, lalu meninggal di usia 45 tahun. Bukan Tuhan yang merancangkan usaha pertama kita bangkrut dan kemudian baru sukses saat menjalani usaha ketiga. Yeremia 29:11 menjamin akan hal itu, bahwa rancangan Tuhan bukanlah rancangan kecelakaan, melainkan rancangan damai sejahtera.

Cara hidup kita yang salah dan keputusan kita yang menyimpang dari kebenaran yang menyebabkan kita mengalami hal-hal buruk yang semestinya tidak kita alami, seperti mati muda, sakit-sakitan, obesitas, perceraian, hamil di luar nikah, dan lain sebagainya. Itu sama sekali bukan rencana Tuhan.

(Baca juga: JANGAN HABISKAN ENERGI ANDA UNTUK MELADENI ORANG NEGATIF)

Rancangan Tuhan untuk hidup kita adalah panjang umur, sehat, diberkati, menjadi berkat bagi bangsa-bangsa, menjadi kepala dan bukan ekor, dan menjadi garam dan terang dunia. Bukankah hal-hal itu yang kita harapkan terjadi dalam hidup kita? Jika iya, saya ingin mengatakan, bahwa Tuhan telah dan sudah merancangkannya untuk kita jauh sebelum kita ada di dunia ini. Pertanyaannya, apakah kita mau bertindak sesuai dengan rancangan Tuhan bagi hidup kita? (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s