SEMESTINYA KITA MENGUCAP SYUKUR LEBIH HEBAT DARI DAUD

Bahan renungan:

Mazmur 42:5 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Daud hidup sekitar seribu tahun sebelum Yesus lahir. Daud tidak pernah tahu bahwa Tuhan akan turun ke dunia, mengambil rupa manusia, dan memberikan Diri-Nya untuk menebus seluruh dunia. Daud tidak pernah mengalami Baptisan Roh Kudus. Meski ada banyak hal yang tidak diketahui oleh Daud, Daud dapat bersyukur kepada Tuhan dengan begitu luar biasa.

(Baca juga: LOT: ORANG BENAR YANG JIWANYA TERSIKSA)

Jika kita membaca keseluruhan kitab Mazmur dan menghitung jumlah kata “syukur” di kitab tersebut, kita akan takjub bahwa yang menulis semuanya itu adalah orang yang sama sekali tidak tahu mengenai Yesus. Bertolak belakang dengan hal tersebut, kita dapat membandingkan dengan kondisi kebanyakan orang pada hari ini, yang hidup di zaman anugerah. Hidup orang-orang yang mengenal Yesus, yang tahu bahwa Yesus mengorbankan Diri-Nya karena kasih yang besar, dipenuhi dengan keluh kesah, komplain, dan sungut-sungut.

Teman, saya ingin mengatakan bahwa seharusnya kita adalah orang-orang yang dapat bersyukur kepada Tuhan jauh lebih baik daripada Raja Daud. Kita mengenal Yesus dan tahu seperti apa yang telah Yesus lakukan demi kita. Juga, Roh Kudus tinggal selama-lamanya di dalam hati kita. Kita memiliki jauh lebih banyak dan jauh lebih berharga dari yang Raja Daud pernah dapatkan dan alami. Kita seharusnya dapat bersyukur jauh lebih baik daripada Daud.

(Baca juga: SAAT KITA SERAHKAN KEPADA YESUS, YANG BIASA MENJADI LUAR BASA)

Saya percaya jika Daud dapat memilih zaman, dia akan memilih untuk hidup di zaman kita, di mana dalam Perjanjian Baru kita telah menerima karya penebusan Kristus yang sempurna dan menyaksikan betapa besar kasih dan pengorbanan Yesus bagi dunia ini. Teman, segala sesuatu yang telah Yesus lakukan bagi kita di atas kayu salib adalah alasan yang lebih dari cukup untuk membuat kita dapat bersyukur senantiasa. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s