SIAPAKAH YANG AKAN DISELAMATKAN ATAU DIANGKAT PADA HARI KIAMAT?

Bahan renungan:

Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Pertanyaan paling sering diajukan tekait dengan akhir zaman adalah “Siapakah yang akan diselamatkan atau diangkat saat Yesus datang kedua kali?” Mumpung masih hangat terkait prediksi gagal mengenai hari kiamat pada 23 September 2017 kemarin.

(Baca juga: BENARKAH HARI INI AKAN TERJADI KIAMAT ATAU PENGANGKATAN?)

Ada seorang hamba Tuhan mengatakan orang yang diselamatkan hanya satu saja dari tiap gereja. Ada hamba Tuhan lain mengatakan jumlah orang yang diselamatkan hanya 144.000 orang saja. Ada juga yang mengatakan orang yang diselamatkan hanya orang yang hidup kudus, suci, dan berkenan di hadapan Tuhan.

Sayangnya, tidak ada satupun dari pengajaran di atas yang sejalan dengan kebenaran Firman Tuhan. Anda dapat bernapas lega sekarang.

Mengenai pengajaran pertama, bahwa yang diselamatkan hanya satu orang dari tiap gereja, saya sama sekali tidak tahu dari mana asal usul pemikiran menyesatkan seperti itu. Alkitab tidak pernah mencatat hal tersebut, jadi kita tidak perlu bahas.

Mengenai pengajaran kedua, bahwa yang diselamatkan hanya 144.000 orang, saya yakin pernyataan itu diambil dari kitab Wahyu 7:4 dah Wahyu 14:1. Yang keliru dari pengajaran tersebut adalah jumlah 144.000 orang bukanlah jumlah semua orang percaya yang ada di dunia, melainkan jumlah Bangsa Israel yang percaya kepada Yesus. Jika Anda mau mengetahui berapa jumlah semua orang yang percaya kepada Yesus, Anda perlu membaca Wahyu 7:9. Dikatakan ada sekumpulan besar orang yang tidak terhitung jumlahnya dari segala suku, kaum, dan bahasa yang berdiri di hadapan Bapa dengan jubah putih. Saya percaya, setiap kita yang percaya kepada Yesus, akan berada di kumpulan besar orang yang tidak terhitung jumlahnya itu. Haleluya!

Mengenai pengajaran ketiga yang mengatakan Tuhan hanya menyelamatkan orang yang hidup kudus, suci, dan berkenan sama sekali salah penafsiran. Pada ayat renungan kita di atas, dan beberapa ayat lain, seperti di Yohanes 3:15-16, Yohanes 3:36, Yohanes 5:24, 1 Yohanes 5:11, Roma 5:8-9, Roma 5:10, dan Roma 10:9-10, Anda dapat membacanya satu per satu, tidak ada satupun indikasi yang menyatakan bahwa orang yang diselamatkan adalah orang yang hidup kudus, suci, dan berkenan di hadapan Tuhan.

Ayat-ayat di atas mengatakan yang diselamatkan adalah orang yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Jika Anda masih ragu, bacalah kembali kisah penjahat yang disalibkan di sebelah Yesus. Ketika dia memutuskan percaya kepada Yesus, dia tidak sempat hidup kudus, suci, dan berkenan, bahkan dia tidak sempat melakukan ritual memberi persepuluhan, berdoa, dan berpuasa, tetapi Yesus selamatkan dia pada hari itu juga.

Sebelum saya dituduh melegalkan dosa, saya ingin mengatakan bahwa Tuhan sangat membenci dosa, tetapi Dia sangat mencintai orang berdosa. Dosa adalah sesuatu yang jahat di mata Tuhan dari dulu hingga sekarang. Namun, yang menentukan Anda masuk Sorga atau tidak bukanlah sedikit atau banyaknya dosa yang Anda lakukan. Yang menentukan adalah apakah Anda percaya kepada Yesus atau tidak. Artinya, sekalipun Anda hidup kudus dan suci, tetapi tidak percaya kepada Yesus, Anda tidak akan diselamatkan.

(Baca juga: TUHAN TIDAK LAGI MENGHUKUM ORANG PERCAYA)

Saya menentang dosa, sama seperti Anda, tetapi yang sedang kita bicarakan adalah siapa yang akan diselamatkan atau diangkat pada hari kiamat. Syarat diselamatkan atau diangkat bukanlah hidup bersih dari dosa, melainkan percaya kepada Yesus. Tentu saja saya sangat setuju bahwa, setelah kita percaya kepada Yesus, kita perlu meninggalkan dosa-dosa kita, hidup sebagai ciptaan baru, dan hidup seturut dengan kebenaran Firman Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s