CARA MENDETOKSIFIKASI PIKIRAN ANDA

Bahan renungan:

Yohanes 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Salah satu topik yang paling sering ditanyakan oleh para pembaca hagahtoday.com adalah “Bagaimana cara agar hidup saya berubah?” dan “Mengapa saya tidak berubah juga setelah sekian lama saya ikut Tuhan?”

(Baca juga: SUKA ATAU TIDAK SUKA, HIDUP ANDA BERDAMPAK BAGI ORANG LAIN)

Sebelum membahas mengenai perubahan, kita perlu tahu terlebih dahulu bahwa manusia adalah makhluk roh yang memiliki jiwa, dan tinggal di dalam tubuh. Ketika kita percaya kepada Yesus, roh kita diperhaharui dan disempurnakan. Itu sebabnya tidak ada istilah roh anak-anak, karena Roh Kudus yang tinggal di dalam kita sudah sepenuhnya sempurna.

Namun, jiwa dan tubuh kita tidak turut disempurnakan. Kita perlu membaca, mempelajari, merenungkan, dan memercayai kebenaran jika kita menginginkan terjadi perubahan dalam jiwa dan tubuh kita.

Jiwa dan tubuh kita memerlukan proses detoksifikasi untuk berubah. Kita perlu mengeluarkan semua racun yang selama ini membuat jiwa dan pikiran kita sakit. Kebenaran Firman Tuhan yang kita baca, pelajari, renungkan, dan percayai adalah satu-satunya cara membersihkan jiwa dan pikiran kita dari hal-hal negatif, seperti yang tertulis pada ayat renungan kita di atas.

Mari kita membahasnya lebih detil.

Di dalam jiwa kita terdapat pikiran, kehendak atau keinginan, dan perasaan. Segala informasi yang kita masukkan ke dalam pikiran kita, apa pun itu, pasti memengaruhi kehendak dan perasaaan kita, lalu tubuh kita. Jika sejak kecil hingga dewasa kita sering memasukkan hal-hal yang buruk ke dalam pikiran kita, tidak heran yang timbul adalah kehendak, perasaan, dan perilaku yang buruk.

(Baca juga: KISAH SI JANDA MISKIN YANG TIDAK TAKUT MISKIN)

Untuk mengeluarkan racun yang selama ini kita masukkan ke dalam pikiran kita, kita perlu segera memulai proses detoksifikasi. Kita dapat membuang racun tersebut dengan cara memasukkan sebanyak dan sesering mungkin kebenaran Firman Tuhan ke dalam pikiran kita. Pada saat kita melakukan hal tersebut, perlahan tapi pasti, akan muncul kehendak, perasaan, dan perilaku yang benar. Tanpa kita sadari hidup kita sudah berubah dan kita semakin jauh meninggalkan hal-hal buruk yang selama ini merusak kehidupan kita. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s