PELAYANAN ADALAH TEMPAT TERBAIK UNTUK MELATIH KARAKTER KITA

Bahan renungan:

Efesus 4:16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, –yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota–menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Jika Anda ingin melatih dan mengembangkan karakter, pelayanan adalah tempat terbaik. Saya tidak mengatakan satu-satunya tempat, yang saya katakan adalah pelayanan merupakan tempat terbaik.

(Baca juga: MENGAPA TUHAN YANG BAIK MENURUNKAN AIR BAH DAN MENGHANCURKAN SODOM GOMORA?)

Mengapa demikian? Salah satu alasannya, karena di dalam pelayanan, Anda tidak dibayar. Anda dilatih untuk sabar, setia, tahan uji, ulet, pantang menyerah, memiliki kasih, rendah hati, murah senyum, dan lain sebagainya, tanpa bayaran.

Apa yang salah dengan dibayar?

Mari kita ambil contoh di kantor atau bisnis. Misalnya bos atau klien Anda marah. Karena Anda digaji oleh dia atau mendapatkan keuntungan dari dia, Anda dapat menahan amarah dan sabar terhadap bos atau klien Anda. Pernah ada seorang teman saya sedang konflik besar dengan istrinya, mereka saling mencaci satu sama lain, lalu saat atasannya menelpon dia, tiba-tiba nada suara teman saya yang tinggi tiba-tiba turun dan mendadak dia menjadi orang yang lembut. Kondisi seperti itu tidak dapat melatih karakter Anda. Selama ada motivasi uang, Anda tidak dapat benar-benar mengubah atau mengembangkan karakter.

Karakter hanya dapat dilatih dan dikembangkan ketika Anda disiplin melakukan sesuatu yang benar tanpa sedikit pun mendapatkan imbalan atau keuntungan. Menurut pengalaman saya, pelayanan adalah tempat terbaik untuk hal tersebut.

Saya sangat mendorong setiap orang percaya untuk terlibat aktif di dalam pelayanan. Di pelayanan, Anda dilatih bertanggung jawab, setia, tepat waktu, panjang sabar, saling mengasihi, dan lain sebagainya, mulai dari hal-hal yang kecil sampai yang besar.

(Baca juga: JIKA KITA BERBUAT JAHAT, APAKAH TUHAN TETAP MENGASIHI KITA?)

Alasan penting mengapa Anda perlu melatih karakter dan mental adalah agar ketika Anda berada di dunia pekerjaan, bisnis, sekolah, atau di mana pun, orang lain dapat melihat Kristus melalui gaya hidup Anda. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s