JANGAN TAKUT TERHADAP TANTANGAN DAN MASALAH

Bahan renungan:

2 Raja-raja 6:16 Jawabnya: “Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka.”

Elisa pernah berada dalam situasi antara hidup dan mati. Namun, Elisa tidak takut, karena dia tahu Tuhan yang menyertainya jauh lebih besar daripada musuh yang dihadapinya.

(Baca juga: KITA ADALAH GARAM DAN TERANG BAGI DUNIA YANG TAWAR DAN GELAP)

Teman, tantangan dan masalah adalah hal yang umum, semua orang menghadapinya. Jika orang lain berhasil melewatinya dengan baik, mengapa kita berpikir kita pasti kalah? Rasul Paulus, dalam 1 Korintus 10:13 mengatakan, tantangan dan masalah yang kita hadapi adalah tantangan dan masalah biasa, yang tidak melebihi kekuatan kita.

Saya percaya, bersama Tuhan, tidak ada tantangan dan masalah yang terlalu berat. Lagi, saya mengutip perkataan Rasul Paulus dalam Filipi 4:13, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Penyebab seseorang takut terhadap tantangan dan masalah karena dia merasa sesuatu dia andalkan tidak terlalu kuat. Ya, jika kita mengandalkan diri sendiri atau orang lain, pada satu titik, pasti kita merasakan takut dan kuatir, karena kita tahu bahwa manusia terbatas. Namun, jika kita hidup mengandalkan Tuhan dan percaya kepada janji setia-Nya, kita tidak akan takut dan kuatir.

Musa, Daniel, Daud, dan masih banyak tokoh lain yang pernah berada di situasi antara hidup dan mati seperti Elisa, tetapi karena mereka tahu bahwa Tuhan yang mereka percayai itu dapat diandalkan dan maha-dahsyat, mereka tidak takut. Sebaliknya, mereka menjadi orang-orang berani dan menaklukkan keadaan.

(Baca juga: CUKUP SATU BATU UNTUK SATU RAKSASA)

Teman, jangan takut terhadap tantangan dan masalah apa pun yang sedang kita hadapi. Entah itu bisnis yang macet, pernikahan yang di ujung tanduk, pelayanan yang belum berkembang, dan lain sebagainya. Hadapi dengan penuh keberanian, karena Tuhan senantiasa bersama kita dan Dia telah memberikan janji bahwa segala pekerjaan tangan kita pasti berhasil (Ulangan 2:7). Pegang janji setia-Nya, jangan menyerah terhadap keadaan, dan hiduplah layaknya pemenang. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke: BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s