BAHU YESUS MENUTUPI MALU DAN MEMIKUL KESENGSARAAN KITA

Bahan renungan:

Yesaya 9:6 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Salib adalah lambang pemerintahan Yesus. Mungkin timbul dalam benak kita, mengapa bahu? Apa artinya?

Kata ”bahu” pertama kali muncul dalam Kejadian 9:23 saat Sem dan Yafet mengambil sehelai kain, membentangkannya pada bahu mereka berdua untuk menutupi aurat Nuh yang terekspos akibat mabuk oleh anggur.

(Baca juga: TUHAN TIDAK MISTERIUS BAGI KITA YANG MENGENALNYA)

Melalui peristiwa di atas, Tuhan ingin kita mengerti bahwa saat Yesus memikul salib di atas bahu-Nya, Dia sedang menutupi malu kita. Malu akibat dari dosa dan pelanggaran yang kita lakukan. Kita yang berdosa dan layak untuk dihukum, diberikan kehidupan dan diangkat menjadi anak kesayangan-Nya.

Hal yang sama juga Tuhan lakukan saat Dia menutupi Adam dan Hawa dengan kulit binatang dan memakaikan jubah kebenaran pada si Bungsu. Yesaya 43:25 mengatakan, “Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.” Ya, Dia bukan Tuhan yang mengekspos atau mengingat-ingat dosa dan pelanggaran kita.

Kata “bahu” yang kedua yang saya ingin bahas ada di dalam Yesaya 53:4 saat Nabi Yesaya menubuatkan kematian Kristus, bahwa Kristus akan menanggung dan memikul sakit penyakit dan kesengsaraan kita.

(Baca juga: JANGAN PASRAH, BERTINDAKLAH!)

Ayat di atas menyatakan bahwa setiap orang percaya berhak untuk hidup sukacita dan sehat. Kita berhak karena Tuhan menjanjikannya demikian. Kristus telah menanggung semua yang buruk di atas kayu salib agar kita dapat menikmati segala yang baik yang Dia sediakan. Supaya kita dapat menikmati apa yang Dia telah sediakan, bagian kita adalah percaya kepada-Nya dan tinggal di dalam kebenaran-Nya. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke: BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s