PENGORBANAN KITA MENENTUKAN KUALITAS HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN

Bahan renungan:

Lukas 6:12 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.

Jika kita ingin mengetahui apakah hubungan yang kita bina dengan pasangan, anak, keluarga, atau Tuhan, berharga atau tidak, kita dapat mengukurnya dari seberapa banyak hal yang rela kita korbankan demi hubungan tersebut, entah hal tersebut berupa waktu, uang, atau tenaga.

(Baca juga: KITA PERLU MEMBUAT MUKJIZAT DI DALAM NAMA YESUS)

Misalnya hubungan kita dengan pasangan kita. Bagaimana mungkin kita dapat mengklaim bahwa hubungan kita dengan pasangan intim atau erat, jika kita meluangkan waktu pergi berdua bersama pasangan hanya pada saat kita tidak sedang sibuk di kantor atau di pekerjaan. Jika bisnis atau pekerjaan memanggil kita, dengan segera kita kesampingkan janji kita terhadap pasangan.

Begitu juga dengan Tuhan. Bagaimana mungkin kita dapat mengatakan memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan, sementara kita hanya meluangkan waktu bersama Tuhan pada saat kita dalam masalah atau pada saat kita sedang memiliki waktu luang saja. Kita tidak pernah benar-benar mempersiapkan waktu khusus untuk bersekutu dengan-Nya.

Yesus sangat sibuk ketika Dia melayani di dunia ini. Selalu ada orang yang perlu didoakan, disembuhkan, dilepaskan, dan diberkati. Meski demikian, Yesus tetap memiliki waktu khusus untuk bersekutu dengan Bapa di tengah jadwal-Nya yang sangat padat.

Dalam banyak kesempatan, Yesus mengorbankan waktu tidur-Nya untuk bersekutu dengan Bapa. Bahkan tidak jarang, di tengah orang banyak sedang mengikuti, dan mengelu-elukan-Nya, Yesus memilih untuk menyingkir dan bersekutu dengan Bapa.

Sekali lagi, saya tidak hanya berbicara mengenai pengorbanan waktu, tetapi juga uang, pikiran, dan tenaga kita. Contohnya uang. Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli smartphone yang mahal atau untuk datang ke sebuah konser, tetapi ragu untuk memberi persembahan atau persepuluhan.

(Baca juga: BERHENTI MEMIKIRKAN YANG TIDAK PERLU DIPIKIRKAN)

Saya percaya pengorbanan yang kita lakukan untuk Tuhan memperlihatkan kualitas hubungan kita dengan Tuhan. Juga, menentukan seberapa berharga Tuhan bagi hidup kita. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke: BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.