JIKA KITA MENGETAHUI KEKURANGAN SESEORANG, DOAKAN!

Bahan renungan:

Kejadian 25:21 Berdoalah Ishak kepada Tuhan untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.

Tuhan mengijinkan kita melihat kekurangan atau kelemahan seseorang bukan supaya kita menghakimi mereka, melainkan agar kita dapat mendoakan mereka dan memberkati mereka.

(Baca juga: RAWATLAH TUBUH ANDA, KARENA TUBUH ANDA ADALAH BAIT ROH KUDUS)

Seperti cerita di atas. Ishak tahu bahwa istrinya mandul, tetapi Ishak tidak merendahkan isterinya, melainkan mendoakannya.

Saat mengetahui kekurangan atau kelemahan seseorang, seringkali kita tergoda untuk menyudutkan, atau bahkan, membicarakan mereka ke orang yang lain. Teman, kedua hal tersebut tidak dapat mengubah kehidupan seseorang. Jika kita ingin mengubah hidup seseorang, kita perlu memberitahukan kebenaran kepada mereka, dan kemudian, mendoakan mereka. Saya percaya semua orang lebih suka didoakan daripada dihakimi atau disudutkan.

Sebagai orang percaya, kita perlu belajar mendisiplin pikiran kita agar tidak terlalu cepat menarik kesimpulan menilai hidup seseorang dan menahan diri agar tidak cepat menghakimi. Kita perlu memandang orang lain melalui lensa kasih, seperti Yesus.

(Baca juga: APA BENAR ORANG-ORANG YAHUDI DICIPTAKAN LEBIH PINTAR?)

Saya percaya Yesus sudah tahu orang-orang yang akan menyangkal dan menyalibkan diri-Nya. Meski demikian, dalam Markus 6:34, Yesus tidak menyebut orang-orang itu sebagai orang-orang munafik atau orang-orang jahat yang tidak tahu berterima kasih. Yesus menyebut mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Yesus tidak cepat menghakimi atau menilai kehidupan seseorang. Sebagai anak-Nya, kita pun perlu memiliki cara pandang seperti itu. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi ke: BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.