“WAKTU AKU TAKUT, AKU PERCAYA KEPADAMU”

Mazmur 56:3-4 Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Takut terjadi akibat kita terlalu fokus kepada masalah yang sedang kita hadapi. Takut terjadi karena kita berpikir bahwa masalah lebih kuat daripada Tuhan yang tinggal di dalam hati kita. Takut terjadi pada saat kita menganggap bahwa masalah lebih nyata daripada janji Tuhan bagi hidup kita.

(Baca juga: SAAT DALAM KESESAKAN, JANGAN MENGANDALKAN DIRI SENDIRI)

Adalah hal yang wajar jika kita pernah mengalami takut di dalam hidup kita. Namun, jangan terlena dengan situasi tersebut. Tinggal di dalam ketakutan bukanlah tempat kita sebagai orang percaya. Kita perlu keluar dari sana dengan cara belajar percaya kepada Tuhan, karena hidup dalam iman adalah habibat orang percaya.

Langkah pertama untuk percaya kepada Tuhan adalah mengenal-Nya. Seperti yang sering saya tulis di blog hagahtoday.com bahwa kita baru dapat percaya seseorang jika kita mengenalnya. Begitu juga dengan Tuhan. Kita akan sangat kesulitan untuk memercayai Tuhan jika kita tidak mengenal-Nya. Cara mengenal Tuhan adalah dengan membaca dan merenungkan Firman Tuhan. Karena, Yohanes 1:1 mengatakan bahwa Firman Tuhan adalah Tuhan sendiri. Kita dapat mengenal pribadi, kehendak, dan janji Tuhan melalui Firman-Nya.

Langkah kedua adalah melakukan tindakan berdasarkan apa yang kita percaya. Setelah kita membaca dan merenungkan kebenaran, saya percaya iman kita pasti akan bangkit. Karena, Roma 10:17 mengatakan bahwa iman timbul dari pendengaran akan Firman Kristus. Jadi, bertindaklah berdasarkan apa yang kita percayai dari kebenaran Firman Tuhan. Misalnya kita takut untuk memberi persembahan atau persepuluhan. Setelah kita membaca dan merenungkan bahwa Tuhan memberkati pemberian kita berlipat ganda dan Dia memelihara hidup kita, mulailah bertindak berdasarkan hal tersebut.

(Baca juga: MENGELUH MERUGIKAN HIDUP ANDA)

Jika kita konsisten melakukan kedua langkah tersebut, suatu hari kita akan dengan mudah keluar dari rasa takut. Karena, pada saat rasa takut datang, kita tahu ke mana kita harus berlari dan bersandar, kita tahu bahwa janji Tuhan jauh lebih nyata dari rasa takut kita. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

4 comments

  1. Nabi Muhammad s.a.w. Mengajarkan kami menyembah Allah ada sujudnya, sama seperti Yesus ada bersujud:
    “Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku …..” (Injil-Matius 25:39)
    “Ia maju sedikit, Merebahkan diri ke tanah dan berdoa” (Inkil-Markus 32:35).
    Musa dan nabi-nabi yang lain sujud kepada Allah. “Sujudlah menyembah kepada Tuhan”. ( 1 Tawarikh 16:29); {Keluaran 34:8).

    1. Ya benar, sujud dan berdoa tidak jadi masalah. Merebahkan diri ke tanah dan berdoa pun tidak masalah. Berdiri dan berdoa juga tidak masalah.

      Dalam ritual doa orang Muslim, gerakan doa mencakup berdiri, duduk di lantai, dan bersujud. Tidak selalu dalam kondisi sujud.

  2. saya muslim boleh tanya? Bagaimana Anda menyembah Allah? Saya lihat di TV sambil duduk di bangku, apa ada dalilnya di Alkitab Kristen? Kalau ada di ayat mana? Apakah pakai sujud?

    1. Halo, salam kenal. Tergantung apa definisi Anda tentang menyembah Allah. Namun dari pertanyaan di atas, saya coba tangkap, menyembah yang Anda maksud adalah berdoa atau sembahyang kepada Allah.

      Saya punya banyak teman muslim yang berdoa kepada Allah tidak hanya saat di mesjib, tetapi juga ketika sedang bekerja, sedang makan, di jalan, di kendaraan umum, dan lain sebagainya.

      Di dalam Firman Tuhan, kita diajarkan untuk menyembah Tuhan setiap saat. Jadi, dapat dilakukan di mana saja.

      “Apakah pakai sujud atau tidak, sambil duduk atau berdiri?” Jika orang tersebut ingin menyembah Tuhan sambil sujud atau duduk, tidak ada larangan mengenai hal tersebut.

      Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.