KITA MEMILIKI PERAN BESAR UNTUK MEMBUAT DUNIA JADI LEBIH BAIK

Bahan renungan:

1 Petrus 3:9 … hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil.

Banyak orang cenderung mengharapkan orang lain yang berubah, “Seandainya orang itu melakukannya lebih baik, pasti tidak akan begini jadinya.” Sikap seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah dan tidak membuat keadaan jadi lebih baik.

(Baca juga: ORANG YANG EGOIS ADALAH ORANG YANG TIDAK BAHAGIA)

Saya percaya, kita dipanggil bukan hanya untuk mengharapkan perubahan, tetapi membuat perubahan, menjadi bagian dari sebuah perubahan.

Langkah paling mudah untuk membuat sebuah perubahan adalah memulainya dari perubahan terhadap diri sendiri. Saya menemukan, sulit sekali mengharapkan orang lain berubah terlebih dahulu. Orang yang paling mudah untuk saya ubah adalah diri saya sendiri, karena saya yang memegang kendali atas hal tersebut.

Jika ada seseorang yang selalu berbuat kasar kepada kita, tentu sulit untuk memintanya berubah. Orang itu pasti memiliki seribu alasan untuk berbuat demikian kepada kita. Namun, kita dapat berubah. Kita dapat belajar lebih sabar menghadapinya, kita dapat lebih lembut dalam meresponsnya, dan kita dapat menaruh senyum di wajah kita pada saat dia kasar.

Satu hal yang saya percaya mengenai perubahan. Ketika kita mampu mengubah diri kita, barulah kita dapat mengubah orang lain, bahkan dunia. Sebaliknya, jika kita saja kesulitan mengubah diri kita sendiri, yang kendalinya kita pegang, bagaimana mungkin kita berharap dapat mengubah orang lain yang tidak dapat kita kendalikan.

(Baca juga: ADAKAH HARAPAN BAGI HIDUP KITA YANG SUDAH TERLANJUR RUSAK?)

Apa yang saya tuliskan di atas adalah hal yang serius. Saya percaya, setiap kita memiliki peran besar untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik, dengan cara mengubah diri kita menjadi orang yang lebih baik. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau Commonwealth Bank (AUS): BSB 062239, Account Number 10 302 575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.