APAKAH ANDA PERNAH MERASA LEBIH BAIK DARI ORANG LAIN?

Bahan renungan:

Lukas 18:9-10 Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini: “Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai.”

Yesus sedang menceritakan perumpamaan kepada para pengikut-Nya tentang dua orang, seorang Farisi dan seorang pemungut cukai, yang pergi ke Bait Allah untuk berdoa. Si Farisi dihormati, sedangkan si pemugut cukai dibenci oleh orang-orang yang melihatnya.

(Baca juga: YANG KITA UCAPKAN MENUNJUKKAN IDENTITAS KITA)

Orang Farisi itu berdoa, “Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini …” Saya membayangkan, si Farisi mengarahkan telunjuknya ke si pemungut cukai sambil mengucapkan doanya.

Kebanyakan dari kita mungkin tidak pernah berdoa seperti orang Farisi di atas. Namun, mungkin kita pernah merasa lebih suci atau lebih baik dari orang lain. Atau, mungkin kita merasa memberi lebih banyak dari orang lain dan lebih pintar dari orang lain. Hati-hatilah terhadap perasaan yang membawa kita merasa lebih tinggi dari seharusnya.

Orang Farisi percaya kepada dirinya sendiri dan kefasihannya berbicara, untuk membuat orang lain terkesan. Sementara, si pemungut cukai sungguh-sungguh berseru kepada Tuhan di tengah rasa bersalahnya. Pemungut cukai itu bahkan tidak berani menengadah ke langit, melainkan memukul-mukul dirinya sambil berkata, “Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.”

(Baca juga: TUHAN ITU KASIH, MESTINYA KITA PUN DEMIKIAN)

Melalui perumpamaan di atas Yesus mengajarkan kepada kita agar tidak menaruh percaya kepada diri sendiri, melainkan hanya kepada Tuhan. Yesus juga mengajarkan kita untuk memiliki sikap rendah hati, tidak merasa lebih hebat atau lebih benar dari orang lain. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau Commonwealth Bank (AUS): BSB 062239, Account Number 10 302 575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.