INI SAATNYA MENINGGALKAN MASA LALU DAN MELANGKAH KE MASA DEPAN

Bahan renungan:

Kejadian 23:2-3 Kemudian matilah Sara di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah Kanaan, lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya. Sesudah itu Abraham bangkit dan meninggalkan isterinya yang mati itu …

Setiap orang pernah mengalami situasi atau masa yang berat di dalam hidupnya. Entah itu karena ditinggalkan oleh orang-orang terkasih, kalah dalam sebuah kompetisi, menyerah karena situasi, kehilangan sesuatu yang sangat berharga, dan lain sebagainya.

(Baca juga: KELILINGI DIRI ANDA DENGAN ORANG-ORANG YANG POSITIF)

Saya dapat mengerti jika kita sedih atau meratapi hal di atas, itu hal yang wajar untuk kita lakukan. Namun, jangan tinggal di sana. Melangkahlah! Lanjutkan kembali hidup kita. Jalan di depan masih panjang dan saya percaya, masa depan yang Tuhan janjikan jauh lebih baik dari masa lalu kita.

Setelah melewati berbagai persoalan, kemelut rumah tangga, dan perjalanan yang sangat panjang, Abraham harus berpisah untuk selamanya dengan Sara. Abraham meratap dan menangis. Hari itu, perjalanan Sara sudah sampai di garis akhir, tetapi perjalanan Abraham belum. Abraham menyadari hal tersebut. Itu sebabnya, dia bangkit dan meninggalkan istrinya, dan melanjutkan perjalanan hidupnya.

Jika hari ini kita sedang bersedih atau meratap karena ditinggalkan orang-orang terkasih, kuburkan kesedihan tersebut, biarkan Tuhan menggantikannya dengan sukacita seiring kita melangkah. Jika kita sedang dihantui rasa bersalah akibat kegagalan atau kesalahan masa lalu, kuburlah hal tersebut, ubah arah hidup kita agar semakin mendekat kepada Kristus, Dia berikan awal yang baru untuk kita.

(Baca juga: PATUTKAH KITA MENSYUKURI SAKIT PENYAKIT KITA?)

Teman, kegagalan, kesalahan, atau kebodohan yang kita lakukan di masa lalu biarlah tetap menjadi masa lalu. Melangkahlah, lanjutkan kembali kehidupan kita, masa depan yang indah menanti kita di sana. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.