ANDA PERLU MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN JIKA INGIN BERUBAH

Bahan renungan:

Lukas 10:39-40 Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.”

Ada perbedaan besar antara mendengar dan mendengarkan. Di dalam bahasa Inggris, perbedaan kedua kata ini sangat jelas, yaitu hear (mendengar) dan listen (mendengarkan).

(Baca juga: ANDA SANGAT DIKASIHI DAN DIINGINKAN OLEH TUHAN)

Saya berikan contoh. Anda dapat mendengar musik sambil mengendarai motor, tapi jika Anda adalah seorang musisi dan ingin mendengarkan dentuman bass, distorsi gitar, atau detil musik lainnya, Anda tidak dapat mendengarkannya sambil mengendarai motor. Anda perlu mencari tempat tenang agar Anda dapat fokus sepenuhnya kepada musik tersebut.

Sama halnya ketika Anda berada di sebuah ibadah. Anda tidak dapat mendengarkan khotbah  sambil menulis status di Facebook atau mengunggah foto di Instagram Anda.

Saat Yesus datang ke rumah Maria dan Marta, Maria memilih untuk duduk diam mendengarkan Yesus, sedangkan Marta langsung pergi ke dapur untuk mengerjakan ini dan itu. Menurut Anda, apakah Marta dapat mendengar Yesus berbicara sambil menyiapkan makanan? Tentu saja dapat, tetapi hanya sebatas mendengar sambil lalu, sedangkan Maria memilih untuk fokus mendengarkan.

Tidak cukup Anda hanya mendengar kebenaran Firman Tuhan, Anda perlu mendengarkannya. Hanya mendengar Firman Tuhan sambil lalu tidak akan mengubahkan hidup Anda. Sebaliknya, saat Anda duduk diam mendengarkan kebenaran, mencurahkan sepenuhnya fokus Anda, Firman tersebut akan mengubah hidup Anda.

(Baca juga: TUHANLAH JAWABAN BAGI KESESAKAN KITA)

Untuk fokus mendengarkan sesuatu, tidak cukup hanya menggunakan kedua telinga, Anda butuh memberikan hati, fokus, dan kehendak Anda. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.