TANGGUNG JAWAB ORANG PERCAYA

Bahan renungan:

1 Korintus 13:3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

” … tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.” Sungguh sebuah pernyataan yang sangat kuat.

(Baca juga: KASIH ADALAH BUDAYA ORANG PERCAYA)

Sudah jelas bahwa kasih adalah topik utama keseluruhan pasal di atas. Menurut kebenaran Firman Tuhan, segala sesuatu tidak diperhitungkan jika tidak dilakukan dengan kasih. Tanpa kasih, karunia-karunia roh tidak memberikan dampak. Tanpa kasih, iman kita tidak dapat bekerja. Tanpa kasih, pemberian kita tidak berarti.

Sederhananya, kasih perlu menjadi dasar dari segala sesuatu yang kita lakukan. Tanpa itu, semuanya tidak berguna.

Tuhan tidak memberikan hukum yang panjang untuk kita ingat, seperti halnya Hukum Taurat yang diberikan untuk Bangsa Israel. Di dalam perjanjian yang baru, Yesus mengatakan, “Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.”

Itu artinya, segala sesuatu yang kita lakukan baru memberikan dampak besar ketika hubungan kita dengan Kristus dalam kondisi baik. Karena, kita baru dapat melakukan sesuatu berdasarkan kasih, jika kita memiliki hubungan dengan Sang Sumber Kasih.

(Baca juga: RENCANA TUHAN JAUH LEBIH HEBAT DARI RENCANA KITA)

Jadi, tanggung jawab kita sebagai orang percaya bukanlah melakukan sesuatu, melainkan membangun hubungan dengan Kristus. Ketika kita memiliki hubungan dengan Kristus, perbuatan-perbuatan kasih akan terpancar dengan sendirinya melalui hidup kita. Malah, kita tidak dapat berdiam diri dan pasif ketika kita menyadari bahwa kita sangat dikasihi oleh Sang Sumber Kasih. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.