SERINGKALI, CARA TUHAN JAUH BERBEDA DENGAN CARA KITA

Bahan renungan:

Mazmur 25:4 Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah itu kepadaku.

Sejak kecil, kita sudah terbiasa untuk bertindak berdasarkan hal yang kita pandang benar. Contohnya ketika orangtua kita menyuguhkan makan siang, kita lebih suka makan permen atau es krim, karena kita mengira itu yang terbaik untuk kita. Akibatnya, kita memiliki kecenderungan untuk menyelesaikan segala sesuatu sesuai dengan cara kita. Bahkan, terkadang nasehat orang lain kita abaikan, karena kita berpikir kita yang paling benar.

(Baca juga: KITA ADA BUKAN UNTUK MENGHAKIMI, TETAPI MENGASIHI)

Jika dibiarkan, kebiasaan di atas pada akhirnya membentuk sebuah pola yang buruk. Contohnya seperti, ketika kita berdoa dan mengharapkan sesuatu dari Tuhan, kita berharap hal tersebut terwujud sesuai dengan cara dan waktu kita. Kita ingin Tuhan menjawab doa kita sesuai yang kita mau.

Padahal Firman Tuhan dalam Yesaya 55:9 mengatakan, “Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.”

Perlu kita mengerti bahwa ketika kita berdoa kepada Tuhan tujuannya bukan agar Tuhan melihat dengan cara pandang kita, melainkan supaya kita dapat melihat cara pandang Sorga dan kemudian memercayainya.

Suatu hari Rio kepahitan terhadap sahabatnya, Brian. Rio berdoa agar dapat mengampuni Brian. Di dalam pikiran Rio adalah seandainya Brian datang meminta maaf dan menyesali segala perbuatannya, Rio akan mengampuninya dan menganggap hal tersebut tidak terjadi. Jadi, usai berdoa, Rio setiap hari menunggu Brian menemuinya dan meminta maaf darinya. Padahal cara Tuhan tidak seperti itu. Cara Tuhan adalah Rio yang mendatangi Brian dan melepaskan pengampunan kepada Brian, lalu mengasihi Brian.

(Baca juga: TERLEBIH LAGI KITA PERLU MEMERCAYAI PENCIPTA PARA DOKTER)

Teman, Tuhan punya cara-Nya sendiri untuk menyelesaikan segala masalah kita. Bagian kita adalah percaya kepada-Nya dan kepada cara-Nya. (penulis:@mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.