HIDUP KITA ADALAH SEBUAH PERTANDINGAN

1 Korintus 9:26-27 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Setiap atlet memahami hal ini. Kualitas dan kuantitas jam-jam latihan mereka sangat menentukan hasil pertandingan yang akan mereka dapatkan.

(Baca juga: YESUS SATU-SATUNYA YANG SANGGUP MENGUBAH HIDUP ANDA)

Pertandingan dengan durasi paling lama yang pernah saya tonton adalah sepakbola, yaitu 90 menit, sedangkan pertandingan dengan durasi cepat seperti tinju, lari jarak pendek, lempar lembing, dan loncat indah, hanya berkisar sekitar 3-10 menit setiap babaknya. Namun luar biasanya, semua atlet itu mempunyai jam latihan yang sama panjangnya. Bahkan, beberapa pertandingan berdurasi pendek memerlukan latihan yang lebih lama.

Beberapa atlet yang saya kenal, seperti Chris John, Bambang Pamungkas, Taufik Hidayat, Richard Sam Bera, dan beberapa atlet lainnya, berlatih 6 bulan sampai 2 tahun sebelum hari pertandingan dimulai.

Pikirkan ini. Mereka perlu berlatih enam hari seminggu selama 1 tahun untuk sebuah pertandingan selama 10 menit.

Suka atau tidak, hidup kita adalah sebuah pertandingan. Kita perlu bertanding melawan kemalasan, bertanding untuk mengasihi dan mengampuni, bertanding melawan keegoisan, bertanding menghadapi tekanan dan pergumulan, dan lain sebagainya. Dalam kehidupan kerohanian, seringkali kita melewatkan waktu-waktu berlatih, tetapi kita tetap bertanding. Bertanding tanpa berlatih sama dengan “bunuh diri”. Atau dengan kata lain, kita merencanakan untuk kalah.

Berlatih yang saya maksud adalah meluangkan waktu untuk membaca, merenungkan, dan mengingat kebenaran Firman Tuhan. Akan tiba waktunya di mana hari pertandingan kita tiba dan yang perlu kita lakukan adalah mempraktekkan apa yang telah kita latih.

(Baca juga: IMAN ADALAH PERCAYA KEPADA FIRMAN TUHAN, BUKAN KEPADA PERASAAN)

Selama kita hidup di dunia, kita tidak dapat menghindari gelanggang pertandingan. Akan selalu ada tantangan, masalah, dan pergumulan yang perlu kita hadapi. Namun, jika kita mempersiapkan diri dengan baik, saya percaya kita akan menjadi orang-orang yang memenangkan pertandingan dan kemenangan yang kita raih akan menginspirasi kehidupan banyak orang. (penulis:@mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.