KETEGUHAN HATI MORDEKHAI

Ester 3:2 Dan semua pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berlutut dan sujud kepada Haman, sebab demikianlah diperintahkan raja tentang dia, tetapi Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud.

Siapakah Mordekhai? Dia adalah orang yang mengasuh Ester. Pada zaman itu, Bangsa Israel sedang berada di bawah kekuasaan Ahasyweros, yang merajai seratus dua puluh tujuh daerah mulai dari India sampai ke Etiopia.

(Baca juga: TINDAKAN DAN UCAPAN KITA ADALAH PERNYATAAN IMAN KITA)

Adalah Haman, yang diberikan kekuasaan melebihi semua pembesar oleh raja Ahasyweros. Semua orang harus berlutut dan sujud kepada Haman, seperti kepada raja. Namun, Mordekhai menolak untuk berlutut dan sujud kepada Haman.

Hari ini saya ingin membahas mengenai keteguhan hati. Mordekhai adalah salah satu tokoh di Alkitab yang memiliki keteguhan hati luar biasa. Sungguh mudah bagi Mordekhai untuk menyelamatkan dirinya sendiri dengan cara berlutut dan sujud kepada Haman, seperti yang dilakukan oleh semua orang pada saat itu. Namun, Mordekhai tidak mau melakukannya, karena dia tahu bahwa hanya Tuhan yang layak menerima sujudnya.

Sebagai warganegara Sorga, kita perlu mengambil sikap seperti Mordekhai, yang menolak bersujud kepada sesuatu selain Tuhan. Dalam banyak kesempatan, keadaan, uang, kekuasaan, dosa, ketakutan, atau kekuatiran memaksa kita untuk “sujud” dan “tunduk”. Namun, kita perlu menolaknya.

(Baca juga: BAGAIMANA CARA MENDENGAR SUARA TUHAN?)

Sujud dan tunduk adalah salah satu bentuk kita percaya dan taat terhadap sesuatu. Hanya kepada Tuhan dan kebenaran-Nya sajalah kita dapat percaya dan taat. Keadaan, ketakutan, dan kekuatiran bukanlah sesuatu yang perlu kita percayai dan taati, melainkan perlu kita taklukkan dengan nama Yesus. Haleluya! (penulis:@mistermuryadi)

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.