HAL-HAL INI DIALAMI YESUS AGAR KITA TIDAK LAGI MENGALAMINYA

Matius 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Saat tergantung di atas kayu salib, Yesus, untuk pertama kalinya memanggil Bapa Sorgawi dengan sebutan Allah. Sebelumnya, Dia selalu memanggil Allah dengan sebutan Bapa.

(Baca juga: MARI KITA BELAJAR MENJADI ORANG YANG SETIA DAN KONSISTEN)

Apa yang sebenarnya terjadi?

Kita perlu sangat bersyukur terhadap segala pengorbanan Yesus di atas kayu salib. Segala penderitaan yang Yesus alami, diterima-Nya semata-mata demi menggantikan kita. Semestinya kita yang dihukum dan disalibkan, tetapi Yesus mengambil tempat kita, menggantikan kita, sehingga kita tidak perlu lagi mengalaminya.

Yesus kehilangan hubungan Bapa-Anak pada saat Dia memikul setiap dosa dan kutuk kita, supaya hari ini kita dapat memiliki hubungan yang intim dengan Bapa, dan dapat memanggil Dia, “Abba, Bapa” (Roma 8:15).

Yesus ditinggalkan oleh Bapa, dan untuk sesaat dunia Yesus menjadi begitu gelap dan sepi, supaya kita tidak perlu lagi ada di tempat yang gelap dan sepi selama kita hidup. Bapa telah menyatakan kepada kita, “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau (Ibrani 13:5).”

Saat Yesus sangat membutuhkan Bapa, Bapa membelakangi-Nya. Bapa melakukan hal itu karena dosa dunia yang sangat besar yang ditanggung Yesus, sementara Yesus melakukannya agar kita tidak perlu lagi mengalami hal itu. Kini, Bapa selalu memandang kita dengan penuh kasih karunia.

Yesus juga membiarkan diri-Nya dihukum akibat dosa dan pelanggaran manusia, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak lagi dihukum dan dihakimi oleh Bapa Sorgawi (Roma 8:1).

(Baca juga: PEMAHAMAN MEMBERI MENURUT PERJANJIAN BARU)

Satu-satunya cara kita menghargai pengorbanan Yesus adalah hidup di dalam kebenaran-Nya, percaya kepada setiap janji-Nya, menjadi saluran kasih-Nya, dan hidup bagi kemuliaan-Nya. (penulis:@mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.