TIDAK ADA JEMPOL KAKI YANG TERKENAL

Roma 12:4-5 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

Seumur hidup, saya belum pernah mendengar ada jempol kaki seseorang yang terkenal. Mayoritas, orang dikenal karena wajah atau sesuatu yang unik yang dia lakukan. Namun, sekalipun tidak ada jempol kaki yang terkenal, setiap orang membutuhkan jempol kakinya.

(Baca juga: KEMBANGKANLAH SIKAP MURAH HATI)

Hari ini saya ingin membahas mengenai peran kita di dalam Kerajaan Sorga.

Seringkali, kita terpaku kepada peran-peran yang terlihat, seperti pengkhotbah, pemimpin pujian, atau pemain musik. Kita berpikir bahwa peran-peran yang terlihat itu jauh lebih penting dari yang tidak terlihat.

Rasul Paulus membuat sebuah ilustrasi yang sangat cerdas terkait dengan hal di atas. Dia mengumpamakan setiap orang percaya sebagai anggota dari tubuh Kristus. Di dalam sebuah tubuh, ada anggota-anggota yang terlihat, juga tidak kalah banyak yang tidak terlihat. Jelas kita dapat melihat wajah, tangan, atau kaki seseorang, tetapi tidak paru-paru, jantung, hati, atau lambung orang tersebut.

Yang perlu kita garis bawahi di sini adalah tidak terlihat bukan berarti tidak penting. Misalnya jantung. Siapa yang pernah melihat jantungnya sendiri? Mungkin tidak ada di antara kita yang pernah melihat, apalagi mengagumi, jantungnya sendiri. Namun, tanpa jantung, kita tidak dapat hidup. Tidak terlihat, tetapi sangat dibutuhkan, dan sangat penting keberadaannya.

Saya berdoa renungan hari ini dapat menelanjangi tipu daya iblis yang selama ini membuat banyak anak Tuhan berpikir bahwa peran yang terlihat di dalam gereja jauh lebih penting dari peran yang tidak terlihat.

Kita perlu menyadari bahwa tidak semua orang dipanggil untuk melayani di atas panggung. Sama halnya dengan tubuh. Tidak mungkin sebuah tubuh hanya terdiri dari mata yang indah. Ribuan mata yang indah tidak dapat membentuk sebuah tubuh. Setiap tubuh cukup hanya memiliki sepasang mata yang indah. Lebih dari itu, perlu ada yang menjadi jari manis, telapak kaki, perut, ketiak, lidah, gusi, gendang telinga, dan lain sebagainya.

Peran Anda dan saya di dalam tubuh Kerajaan Sorga sangatlah unik dan penting. Terlihat atau tidak bukanlah patokan sesuatu itu penting atau tidak. Kalau harus memilih antara memiliki alis mata yang tebal atau paru-paru yang sehat, mungkin saya lebih memilih paru-paru yang sehat.

Saya berharap renungan hari ini dapat membuat kita berhenti dari dua hal. Pertama, berhenti membandingkan peran kita dan orang lain. Kedua, berhenti berpikir bahwa ada peran besar dan peran kecil. Saya percaya segala sesuatu yang dilakukan untuk Kerajaan Sorga adalah hal yang besar.

Tuhan telah menetapkan sebuah tempat khusus bagi kita di dalam tubuh-Nya. Percayalah akan hal tersebut dan jadilah maksimal di tempat itu.

Kalau Anda ditetapkan menjadi hidung, pastikan Anda menjadi hidung yang paling bersih untuk menyaring setiap kotoran dari udara yang Anda hirup, sehingga saluran pernapasan dan paru-paru dapat bekerja dengan baik. Kalau Anda ditetapkan menjadi urat saraf mata, pastikan Anda menjadi urat saraf mata yang paling sehat dan efektif, sehingga mata dapat bekerja dengan baik.

(Baca juga: IJINKAN ORANG LAIN BERBUAT SALAH)

Luangkan waktu sejenak hari ini untuk merenungkan peran apa yang dapat Anda kerjakan bagi Kerajaan-Nya. Mungkin saja peran yang Anda ambil tidak terlihat dan tidak banyak orang yang menghargainya, tetapi ingat, bukan berarti hal itu tidak penting. Jika kita mengambil analogi sebuah tubuh, justru banyak sekali organ-orang yang tidak terlihat dalam tubuh yang memiliki peran sangat amat penting. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.