SETAN HANYA MUNCUL SAAT GELAP, BENAR ATAU MITOS?

Titus 1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.

Sebelum perilaku seseorang tersesat, pikiran terlebih dahulu tersesat. PIkiran adalah medan pertempuran hidup kita yang pertama.

(Baca juga: APAKAH ANDA INGIN MENANG DARI KEKUATIRAN?)

Saya berikan contoh. Sebelum kita takut gelap atau takut setan, terlebih dahulu kita mengonsumsi informasi-informasi yang salah mengenai setan. Melalui film yang kita tonton, kita menarik kesimpulan bahwa setan memiliki kuasa, dan gelap identik dengan keberadaan setan. Itu alasannya banyak orang merasa takut saat berada di dalam tempat yang gelap dan sepi, karena di dalam film, setan selalu muncul pada saat-saat tersebut. Saya belum pernah bertemu orang takut setan di siang hari.

Pada kenyataannya, setan tidak takut terhadap siang. Di Alkitab, beberapa kali setan menunjukkan dirinya di waktu siang. Di film, jarang sekali. Juga, setan tidak takut gambar salib atau gedung gereja, setan hanya takut terhadap nama Yesus dan orang-orang yang percaya kepada Nama itu.

Terkadang saya merasa lucu saat melihat orang lebih takut kepada setan daripada Tuhan. Beberapa orang merasa takut mengucapkan kata-kata kotor ketika mendaki gunung tertentu, sementara dalam kehidupan sehari-hari, orang itu sering mengucapkan kata-kata kotor dan tidak takut sama sekali terhadap Tuhan.

Ini alasan saya menulis renungan hari ini. Semata-mata agar kita menyadari bahwa kita perlu mengisi dan memperlengkapi pikiran kita dengan kebenaran. Agar kita tidak mudah terombang-ambing dengan hal-hal yang menyesatkan. Atau dengan kata lain, agar kita tidak perlu menakuti atau menguatirkan hal-hal yang tidak semestinya kita takuti atau kuatirkan.

(Baca juga: SABAR, SABAR, SABAR)

Saya menulis banyak hal yang dapat membantu kehidupan ke-Kristenan Anda dalam blog ini. Anda dapat memasukkan hal yang ingin Anda pelajari di kolom pencarian. Jangan biarkan pikiran kita tidak diperlengkapi oleh kebenaran Firman Tuhan, karena iblis hanya dapat menipu orang yang tidak tahu kebenaran. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.