MARI ATUR KEMBALI FOKUS KITA

Mazmur 26:3 Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu.

Hari ini saya ingin membahas mengenai fokus kita terhadap materi. Tidak ada yang salah dengan memiliki materi. Bahkan, Firman Tuhan menjanjikan kelimpahan kepada setiap orang percaya. Yang menjadi masalah adalah ketika kita mencintai materi tersebut melebihi Tuhan.

(Baca juga: SETAN HANYA MUNCUL SAAT GELAP, BENAR ATAU MITOS?)

Mari kita lihat sebuah kisah tragis dari Kain yang mencintai materi. Nama Kain dalam bahasa Ibrani berarti “possession” artinya ingin menguasai atau memiliki harta benda. Kain memiliki kesulitan mendengarkan Tuhan karena yang ada di dalam pikirannya hanyalah materi.

Itu salah satu alasan mengapa Kain marah ketika Tuhan menolak persembahannya, dan kemudian membunuh Habel. Bagi Kain, materi lebih penting daripada nyawa Habel. Tidak lama setelah peristiwa berdarah itu, Kain membangun sebuah kota untuk dirinya, dan di sanalah lahir orang-orang yang pintar, tetapi membenci Tuhan.

Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah di atas? Pada saat mata kita berpaling dari Tuhan, kita cenderung tidak mau lagi mendengar Tuhan. Fokus kita pindah kepada dunia ini.

Satu contoh lagi, yaitu istri Lot. Waktu keluar dari Sodom, sambil berlari, Firman Tuhan mengatakan mata istri Lot berpaling ke belakang, ke harta benda yang dia tinggalkan (segala kemegahannya Sodom). Seketika itu juga dia menjadi tiang garam.

Jangan hidup seperti istri Lot. Terkadang, tanpa kita sadari, kita berjalan ke depan, tetapi mata kita masih terpaku kepada sesuatu yang ada di belakang. Itu yang membuat langkah kita menjadi lambat, dan terkadang, terhenti di tengah jalan. Melangkah ke depan menjadi berat jika mata kita tertuju kepada sesuatu yang ada di belakang.

(Baca juga: TIDAK ADA JEMPOL KAKI YANG TERKENAL)

Mari, benahi fokus hidup kita. Atur kembali prioritas dan waktu kita. Pastikan Tuhan menjadi pondasi di dalam setiap agenda, keputusan, dan rutinitas yang kita lakukan. Pastikan setiap waktu yang kita habiskan, setiap uang yang kita gunakan, dan setiap tindakan yang kita perbuat pada akhirnya membawa kemuliaan nama Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.