ALANGKAH INDAHNYA JIKA KITA SEMUA HIDUP RUKUN BERSAMA

Mazmur 133:1 Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

Hidup rukun, oh … sungguh indah. Setidaknya, hidup rukun bersama orang-orang yang dekat dengan kita dan dengan orang-orang yang kita sayangi. Bagi saya, hidup rukun dengan orang di sekeliling kita dapat menghadirkan suasana Sorga di Bumi.

(Baca juga: MEMERCAYAI TUHAN ITU PERLU LATIHAN)

Rukun yang saya maksud adalah sebuah kondisi di mana setiap orang saling menghargai satu sama lain, saling mendoakan satu sama lain, saling mendukung satu sama lain, saling mengampuni satu sama lain, dan saling menegur satu sama lain.

Bagus jika pada saat kita bergabung ke dalam sebuah komunitas, komunitas tersebut sudah dalam keadaan rukun. Yang saya maksud dengan komunitas adalah keluarga, lingkungan gereja, atau rekan-rekan sekantor. Namun jika tidak, kita dapat berpartisipasi untuk membuat komunitas tersebut hidup dalam kerukunan.

Sebagian besar komunitas yang saya datangi tidak dalam keadaan rukun. Setiap anggota di dalamnya saling menggosipkan satu sama lain, saling menjelekkan satu sama lain, dan terkadang saling menjatuhkan satu sama lain. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mengambil langkah untuk menjadi orang yang menghargai, menghormati, mengampuni, dan mendukung orang-orang yang tergabung di dalam komunitas tersebut.

Ingat, setialah melakukan hal-hal di atas. Pada saat kita setia melakukan sebuah kebiasaan yang baik, lambat laun orang lain akan menyadari adanya berubah, dan kemudian akan turut berubah seiring mereka melihat manfaat dari kebiasaan baik yang kita lakukan. Di saat itulah kerukunan tercipta.

(Baca juga: PERBUATAN BAIK MEMBUKA PINTU PENGINJILAN)

Teman, saya percaya, Tuhan tempatkan kita di komunitas-komunitas tertentu untuk membawa orang-orang kepada Kristus. Mungkin kita ada di tempat yang sama sekali tidak ada yang mengenal Tuhan. Namun, untuk itulah Anda dan saya ada di sana. Kita dapat menjadi bagian dari sebuah perubahan. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.