EMPAT BULAN MENJELANG AKHIR TAHUN

Amsal 24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Sekalipun kita melangkah ke sana ke mari, melakukan ini dan itu, tetapi jika kita tidak memiliki tujuan, kita sama seperti orang yang tidak melakukan apa-apa.

(Baca juga: JIKA KITA MENGHARAPKAN KEMENANGAN, INJIL KRISTUS ADALAH JAWABANNYA)

Suatu hari saya pernah mengendarai mobil dan tidak tahu mau pergi ke mana. Saya hanya berjalan lurus dan belok tanpa arah tujuan. Bensin saya terkuras, tenaga saya terkuras, tetapi pada dasarnya, saya tidak sedang berjalan ke mana-mana. Saya hanya berputar-putar tanpa arah.

Empat bulan lagi tahun 2018 akan segera berakhir. Masih ada kesempatan bagi setiap kita untuk membuat tujuan yang kita ingin capai tahun ini. Saya berikan contoh. Misalnya tahun ini kita ingin dapat bermain gitar. Itu artinya mulailah mengurangi jam main kita dan luangkan waktu untuk les atau latihan gitar. Kita juga perlu menyisikan uang untuk membeli buku latihan gitar. Jika ada teman yang mengajak latihan bermain drum atau keyboard, kita perlu menolaknya, karena tujuan kita adalah bermain gitar.

Juga, ketika kita mengharapkan untuk lebih dekat dan lebih mengenal Tuhan. Sudahkah kita meluangkan waktu untuk membaca dan merenungkan Firman-Nya?

Satu contoh lagi. Misalnya kita ingin keluarga kita mengenal Yesus. Itu artinya kita perlu meluangkan waktu bersama mereka. Mulai membangun hubungan yang baik bersama mereka agar pada satu titik ketika kita menceritakan Yesus, mereka mau mendengarkan kita.

Buatlah daftar untuk tujuan atau target kita. Semakin detil kita membuat perencanaan ini, semakin mudah kita mewujudkannya.

Firman Tuhan yang kita baca pada hari ini mengatakan bahwa kita perlu membuat perencanaan untuk berperang. Jika kita tidak membuat rencana, pada dasarnya kita sedang merencanakan untuk gagal.

(Baca juga: KAPAN WAKTU PALING TEPAT UNTUK MEMILIKI PASANGAN?)

Juga yang perlu digarisbawahi, untuk menang, kita memerlukan penasihat yang banyak. Dalam konteks ini, carilah orang-orang yang kita hormati karena integritas mereka di dalam Tuhan. Cobalah untuk minta nasihat atau arahan dari mereka mengenai hidup kita. Setelah itu, doakan dan mulailah membuat perencanaan. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.