BERIKUT CIRI-CIRI ORANG YANG MEMILIKI TUJUAN HIDUP

Yosua 1:7b Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

Salah satu tanda kita memiliki tujuan dalam hidup adalah kita memperhitungkan setiap tindakan kita. Memperhitungkan segala sesuatu yang kita putuskan, lakukan, dan ucapkan.

(Baca juga: APAKAH KITA MENGINGINKAN YANG TERBAIK DALAM HIDUP KITA?)

Orang-orang yang memiliki tujuan tahu apa yang mereka lakukan dan mengerti alasan mengapa mereka melakukannya. Itulah yang membuat mereka tetap berada di jalur yang benar, sekalipun ada begitu banyak hal yang dapat mengalihkan perhatian mereka.

(Baca juga: DI MATA TUHAN, KITA SANGAT ISTIMEWA)

Berikut ini lima sikap orang yang memiliki tujuan:

  1. AKTIF
    Ketika kita mulai ragu atau mulai lelah mengejar tujuan kita, selalu ingat kembali visi yang Tuhan taruhkan di hati kita. Janji Tuhan adalah motivasi yang terkuat untuk kembali mengejar tujuan kita. Diam tidak akan membuat kita sampai ke tujuan kita. Jauh lebih baik orang yang gagal karena berusaha, dibandingkan yang diam tidak melakukan apa-apa.
  2. DAPAT MENYEMANGATI DIRI SENDIRI
    Seperti Daud yang berkata, “Bangkitlah, hai jiwaku.” Mungkin saja kita kelelahan atau merasa putus asa, tetapi orang-orang yang tahu tujuan hidupnya dapat menyemangati dirinya sendiri dan bangkit.
  3. MEMILIKI PRIORITAS
    Kalau kita tahu tujuan hidup kita, kita akan mudah menentukan prioritas dan mudah menyingkirkan hal-hal yang mengganggu tujuan kita.
  4. BELAJAR BERKATA “TIDAK”
    Kita mesti mampu menolak hal-hal yang menjauhkan atau tidak berhubungan dengan tujuan hidup kita. Jika kita meng-iya-kan semua hal, kemungkinan besar kita tidak pernah sampai ke tujuan hidup kita.
  5. SETIA TERHADAP PERKARA KECIL
    Setia adalah salah satu bentuk disiplin. Lupakan perkara yang besar jika kita tidak pernah mau belajar untuk setia pada perkara yang kecil. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

2 comments

  1. Shalom PS, yang sebenarnya Tujuan hidup kita (manusia) yang sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan seperti apa ya ?. Karena kesan arahnya kepada kebutuhan jasmani (keinginan) bukankah semuanya itu ditambahkan (yg artinya tidak perlu di pikirkan). yg di pikirkan pada pilihan keinginan pengenalan akan Kristus (Kehidupan) dan Kehendak Kristus yg bekerja di dalam diri manusia masing2 shg perbuatannya adalah buah2 roh yg bisa di nikmati sesama manusia (org percaya & tdk percaya).

    1. Shalom. Salam kenal Vinata. Yang kamu tulis sudah benar. Tujuan hidup kita adalah fokus kepada kehendak Kristus.

      Misalnya Tuhan panggil kita menjadi pengusaha agar dapat menjadi berkat bagi para kaum marginal, kita perlu fokus dengan panggilan tersebut. Atau mungkin Tuhan memanggil kita menjadi seorang gembala, kita juga perlu fokus pada panggilan tersebut.

      Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.