JANGAN MEMBUAT KEPUTUSAN PADA SAAT ANDA SEDANG MARAH

Pengkhotbah 10:4 Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar.

Marah adalah hal yang dekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Alkitab banyak membahas mengenai marah dan amarah, karena itu penting untuk kita perhatikan.

(Baca juga: DOSA MEMBERIKAN KITA “KEMAMPUAN” UNTUK MENJAUH DARI TUHAN)

Hari ini saya ingin kita belajar untuk tidak mengambil keputusan saat kondisi hati sedang panas. Tarik napas dalam-dalam, kuasai emosi Anda terlebih dahulu, supaya Anda tidak menyesal dengan keputusan Anda di masa mendatang.

Dalam perumpamaan anak yang hilang, di akhir cerita, Lukas 15:28 mengatakan, “Maka marahlah anak Sulung itu …”

Sekarang, lihat dampak dari kemarahannya. Si Sulung mengatakan, “… tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing.” Apa benar bapanya sejahat itu? Tentu saja tidak, di awal cerita, Lukas 15:12 menjelaskan bahwa sang bapa membagikan hartanya di antara si Sulung dan Bungsu. Berdasarkan adat istiadat pada zaman itu, anak sulung mendapatkan bagian lebih besar dari anak bungsu.

Masih dalam amarahnya, di ayat 30, si Sulung kemudian menuduh, bahwa si Bungsu memboroskan harta kekayaannya bersama para pelacur. Saya heran, bagaimana si Sulung tahu kalau si Bungsu menghabiskan hartanya bersama para pelacur, sementara di ayat sebelumnya si Sulung mengatakan bahwa selama bertahun-tahun dia melayani bapanya di rumahnya.

Lihat teman, dalam kondisi marah, orang menjadi bodoh, lupa kebaikan orang lain, dan melebih-lebihkan kesalahan orang lain.

(Baca juga: SEBERAPA CAKAP KITA MENGELOLA PEMBERIAN TUHAN)

Jangan membuat keputusan ataupun pernyataan di saat seperti itu. Redakan dulu amarah Anda, pulihkan hati Anda, jernihkan pikiran Anda, dan kembalilah ke Firman Tuhan sebelum Anda membuat keputusan yang mungkin akan Anda sesali di kemudian hari(penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau Commonwealth Bank (AUS): BSB 062239, Account Number 10 302 575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.