ORANG YANG SAKIT HATI PASTI AKAN MENYAKITI ORANG LAIN

Nehemia 4:1-2 Ketika Sanbalat mendengar, bahwa kami sedang membangun kembali tembok, bangkitlah amarahnya dan ia sangat sakit hati. Ia mengolok-olokkan orang Yahudi dan berkata di hadapan saudara-saudaranya dan tentara Samaria: “Apa gerangan yang dilakukan orang-orang Yahudi yang lemah ini? Apakah mereka memperkokoh sesuatu? Apakah mereka hendak membawa persembahan? Apakah mereka akan selesai dalam sehari? Apakah mereka akan menghidupkan kembali batu-batu dari timbunan puing yang sudah terbakar habis seperti ini?”

Saya ingin membuat sebuah pernyataan penting terkait sakit hati. Orang yang sakit pasti akan menyakiti orang lain.

(Baca juga: MEMAHAMI KATA “SOZO” DALAM ALKITAB)

Jika hari ini, secara sadar, Anda tahu bahwa hati Anda dalam kondisi tidak sehat, jangan terlalu lama didiamkan. Anda perlu berbuat sesuatu. Anda perlu mencari cara untuk memulihkannya.

Mengabaikan hati yang terluka bukanlah ide yang bagus, karena sampai satu titik, luka itu akan memberikan rasa sakit yang semakin hebat. Parahnya, luka di hati Anda akan membuat Anda, entah secara sadar atau tidak, melukai orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Pahit hati, sakit hati, patah hati, kecewa, trauma, marah, atau benci adalah masalah yang serius yang perlu segera Anda tangani. Dan saya percaya, kasih Yesus adalah jawabannya. Dia bukan hanya sanggup menyembuhkan sakit penyakit, membasuh dosa, tetapi juga sanggup memulihkan luka di hati.

Perlu waktu. Ya, saya setuju. Memulihkan hati yang terluka memang memerlukan waktu. Itu sebabnya jangan menunda lebih lama. Carilah seseorang yang dewasa secara rohani yang senang menggunakan mulutnya untuk membangun hidup orang lain, dan mintalah bantuannya untuk menolong diri Anda. Garis bawahi kriteria di atas – yang dewasa secara rohani, bukan yang paling mengerti atau dekat dengan Anda.

“Tetapi, saya tidak dapat menceritakan masalah saya kepada orang lain? Saya tipe orang yang sangat tertutup.”

Saya percaya iblislah yang menaruh pikiran tersebut di pikiran Anda. Karena dia tahu pada saat Anda terbuka pada seseorang yang hidup dalam kebenaran, Anda akan dipulihkan.

Jika Anda merasa renungan ini untuk Anda, berdoalah dan mintalah tuntunan Roh Kudus untuk menemukan orang yang tepat. Atau, jika Anda merasa dapat menyelesaikannya sendiri bersama dengan Roh Kudus, tidak masalah. Yang pasti, Anda perlu bertindak membenahi luka tersebut.

(Baca juga: JANGAN TERPESONA ATAU TERPIKAT DENGAN MASALAH)

Mintalah hikmat kepada Roh Kudus untuk memberikan Anda kemampuan melepaskan pengampunan kepada orang yang menyakiti diri Anda atau kepada diri Anda sendiri. Tuhan Yesus memberkati. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.