CARA MENGANGKAL RASA TAKUT KITA

1 Yohanes 4:18a Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.

Para ahli mengatakan, secara alami, semua bayi hanya memiliki dua jenis rasa takut, yaitu takut cahaya dan suara keras. Namun, sebuah penelitian terhadap 500 orang dewasa dari berbagai usia, gaya hidup, dan latar belakang, dilaporkan ada 7000 jenis ketakutan lainnya.

(Baca juga: CARA MEMBANGUN BENTENG PIKIRAN KITA)

Bagi saya, itu artinya, dalam proses pertumbuhan bayi menjadi dewasa, mereka telah belajar sekitar 6998 jenis ketakutan lainnya.

Sebenarnya, tubuh kita didesain untuk hidup di dalam iman, bukan ketakutan. Rasa takut muncul setelah Adam jatuh ke dalam dosa. Atau dengan kata lain, rasa takut muncul ketika hubungan manusia terputus dari Tuhan. Untuk pertama kalinya Adam takut, dia bersembunyi dari Tuhan. Adam mengatakan, “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut (Kejadian 3:10).”

Namun, saya punya kabar baik untuk kita semua. Firman Tuhan menyediakan penangkal untuk setiap rasa takut kita. Rasul Yohanes mengatakan, “Kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.” Ya, kasih Bapa adalah kunci untuk mengatasi rasa takut kita.

Pada saat kita menyadari betapa Tuhan mengasihi kita, kita akan berhenti takut. Itu sebabnya penting kita mendapatkan pewahyuan akan kasih Tuhan atas hidup kita secara pribadi. Bukan dari apa kata orang, tetapi pewahyuan pribadi yang kita dapatkan ketika kita duduk diam merenungkan kebenaran Firman Tuhan dan pengorbanan Yesus di atas kayu salib.

(Baca juga: TUHAN TIDAK PERNAH BERUBAH SETIA)

Saat kita menyadari hal itu, kita tidak lagi takut akan masa depan, karena kita tahu bahwa Dia menjaminnya indah. Kita tidak takut lagi menghadapi masalah, karena kita tahu Dia selalu bersama kita. Kita tidak lagi takut terhadap penyakit, karena kita tahu bahwa bilur-bilur-Nya telah menyembuhkan kita. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.