DIPERLUKAN KERENDAHAN HATI UNTUK MENERIMA JANJI TUHAN

Matius 15:26-28 Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Kita telah belajar bahwa Tuhan yang kita sembah dalam nama Yesus adalah Tuhan yang baik. Juga, Mazmur 84:11 mengatakan bahwa Dia tidak pernah menahan-nahan kebaikan atau janji-Nya dari kita. Luar biasa!

(Baca juga: JANGAN KEPO, URUSAN KITA ADALAH MENGIKUT YESUS)

Jadi, melalui pernyataan di atas, saya ingin menyimpulkan bahwa penyebab kita tidak menerima janji Tuhan bukan karena Tuhan, melainkan karena sikap hati atau ketidakpercayaan kita, seperti tercatat dalam Matius 13:58 dan Roma 4:20.

Salah satu masalah sikap hati yang menghalangi kita menerima janji Tuhan yang ingin saya bahas hari ini adalah masalah kerendahan hati.

Apa itu rendah hati? Untuk mengerti mengenai hal itu, saya sangat menyarankan Anda membaca secara utuh kisah sang ibu pada ayat di atas, lalu merenungkannya.

Mengapa kerendahan hati begitu penting dalam menerima janji Tuhan? Karena rendah hati merupakan salah satu tanda bahwa kita membutuhkan Tuhan dan memerlukan janji-Nya. Saya tidak yakin seseorang yang memiliki sikap sombong atau tinggi hati memerlukan bantuan dari siapa pun.

Pada kisah di atas, terkesan Yesus sudah mengucapkan sesuatu yang sangat keras kepada ibu itu, namun sang ibu tetap merendahkan dirinya di hadapan Yesus. Hasilnya, pujian dari mulut Sang Mesias mengenai imannya dan kesembuhan bagi anaknya.

(Baca juga: KASIHILAH ORANG YANG TIDAK LAYAK ANDA KASIHI)

Amsal 22:4 mengatakan bahwa ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan, dan kehidupan. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.