KEKUATAN IMAN LEBIH BESAR DARIPADA KEKUATAN JASMANI

Daniel 6:24 Lalu sangat sukacitalah raja dan ia memberi perintah, supaya Daniel ditarik dari dalam gua itu. Maka ditariklah Daniel dari dalam gua itu, dan tidak terdapat luka apa-apa padanya, karena ia percaya kepada Allahnya.

Keberanian Daniel untuk berdiri teguh dalam Tuhan berbuahkan hukuman yang sangat serius. Nyawa Daniel adalah taruhannya.

(Baca juga: ALASAN MENGAPA KESAKSIAN HIDUP KITA BEGITU PENTING)

Terkadang dalam hidup, hal seperti itu terjadi. Ketika kita memilih berpihak pada kebenaran, ganjaran yang kita terima bukan penghargaan atau pujian, melainkan pertentangan, atau bahkan penganiayaan.

Daniel mengalaminya, dan puji Tuhan, dia melewatinya dengan baik, sehingga kita dapat belajar cara untuk merespons dalam situasi demikian.

Semalam-malaman Daniel dikurung di dalam gua penuh singa kelaparan. Tidak seorang pun berkuasa menolong Daniel, termasuk Daniel sendiri. Tidak ada kemampuan atau keahlian jasmaniah yang Daniel miliki yang sanggup melepaskannya dari kebuasan para singa itu. Meski demikian bukan berarti tidak ada yang dapat Daniel lakukan.

Di akhir cerita kita tahu Daniel selamat dan tidak ada satu pun luka pada tubuhnya. Bagaimana bisa demikian?

Melalui cerita Daniel, saya belajar bahwa ada kekuatan yang lebih besar daripada kekuatan jasmani atau intelektual kita, yaitu kekuatan iman kita. Dalam cerita Daniel, yang menyelamatkan Daniel dari kengerian tersebut bukanlah hal-hal yang bersifat natural, melainkan supranatural, yaitu iman Daniel kepada Tuhan. Ayat di atas menunjukkannya, ” … karena ia percaya kepada Allahnya.”

(Baca juga: KITA PERLU CEPAT MENGAMPUNI KESALAHAN ORANG LAIN)

Bicara mengenai iman kepada Tuhan berarti bicara mengenai mengandalkan kekuatan Tuhan yang tidak terbatas. Sekalipun situasi yang kita alami mencekam saat memihak pada kebenaran, tetapi Sang Kebenaran tidak akan tinggal diam. Dia akan bertindak menyelamatkan kita dari situasi tersebut. Atau dengan kata lain, saat kita memihak pada kebenaran, Sang Kebenaran akan memihak kepada kita. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.