BIASAKANLAH MENGUCAPKAN YANG BAIK

Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Firman Tuhan di atas mengajarkan bahwa ada kuasa yang kita lepaskan melalui apa yang kita ucapkan. Kuasa yang sangat luar biasa. Kuasa yang dapat memindahkan gunung.

(Baca juga: KEGIATAN SATU INI TIDAK DAPAT KITA ABAIKAN)

Satu kebenaran mengenai kuasa perkataan, apa pun yang kita ucapkan dengan sepenuh hati, entah itu sesuatu yang baik, atau yang buruk, hal itu akan terjadi baginya. Jika demikian, mengapa kita mengucapkan yang buruk melalui mulut kita? Bukankah akan jauh lebih menyenangkan jika kita mengucapkan yang baik?

Mengucapkan sesuatu adalah masalah kebiasaan. Jika yang kita harapkan keluar dari mulut kita adalah ucapan berkat, maka kita perlu membiasakan diri mengucapkan berkat. Seperti kita ketahui, kebiasaan tidak terbentuk dalam semalam. Perlu proses berulang-ulang.

Jika kita terbiasa mengucapkan hal-hal yang buruk, itu semata terjadi karena kita berulang-ulang mengucapkan hal itu. Kita melatih diri kita secara konstan untuk mengucapkannya. Cara mengubahnya tidak terlalu sulit, yaitu mulailah sebuah kebiasaan yang baru, yaitu mengucapkan yang baik.

Contoh praktis yang dapat saya berikan adalah cobalah biasakan diri kita mengucap syukur ketika kita bangun tidur. Ucapkan satu kalimat mudah ini, “Terima kasih Tuhan buat hari yang indah ini. Saya percaya saya akan lewati hari ini dengan penuh damai dan sukacita.” Hanya butuh satu menit untuk mengucapkan kalimat itu. Intinya, buatlah kebiasaan-kebiasaan baru dalam ucapan kita.

(Baca juga: JANGAN MENYERAH SEKALIPUN SUDAH PERNAH DITOLAK)

Saya percaya, jika kita melakukannya secara konsisten selama 3-4 bulan, kita akan melhat hasil berbeda dalam hidup kita. Tanpa kita sadari, kita lebih banyak mengucapkan berkat daripada keluh kesah atau sunggut-sunggut. Selamat mencoba. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.