PERLUKAH KITA MENDENGARKAN KOMENTAR ORANG MENGENAI FISIK KITA?

Yesaya 39:5 Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: “Dengarkanlah firman Tuhan semesta alam!

Jangan memandang diri kita, terutama penampilan fisik, berdasarkan apa kata orang, melainkan berdasarkan apa kata Tuhan. Bukan berarti apa kata orang mengenai diri kita tidak baik, hanya saja kita perlu menyaringnya dengan benar. Orang lain cenderung menilai fisik kita berdasarkan kekurangan kita, sedangkan Tuhan menilai fisik berdasarkan potensi yang kita miliki.

(Baca juga: TEMUKANLAH CARA YANG LEBIH BAIK UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH)

Garis bawahi ini. Jika seseorang mengomentari hidup kita untuk membuat kita menjadi lebih baik, tentu saja kita perlu mendengarkannya. Misalnya hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Namun jika hanya untuk membuat kita membandingkan diri kita dengan orang lain, sepertinya kita perlu abaikan.

Mungkin contoh praktis ketika ada seseorang menilai bahwa diri kita jelek, kurang tinggi, kurang kurus, atau terlalu kurus. Seringkali patokan cantik, keren, tampan, tinggi, pendek, kurus, atau gemuk yang digunakan oleh banyak orang adalah berdasarkan majalah atau model tertentu, bukan berdasarkan Firman Tuhan.

Sejauh pemahaman saya Firman Tuhan tidak pernah menilai seseorang berdasarkan bentuk tubuh, melainkan selalu berdasarkan karakter, sifat, gaya hidup, pola pikir, atau dengan kata lain, hal-hal yang ada di dalam, bukan penampilan luar.

Itu sebabnya jangan terjebak dengan komentar orang lain mengenai fisik kita. Apalagi jika sampai membuat kita rendah diri, malu, atau merasa tertolak. Tuhan mengangkat orang-orang hebat di Alkitab dan di dunia ini dengan beragam bentuk fisik, bahkan beberapa yang saya tahu memiliki keterbatasan fisik yang sangat ekstrim.

(Baca juga: TUHAN CIPTAKAN KITA UNTUK MELAKUKAN PERBUATAN BAIK)

Saya ingin kita merenungkan ini. Fisik kita mungkin terbatas, tetapi kita memiliki Tuhan yang tidak terbatas. Selama kita berjalan bersama Dia yang tidak terbatas, Dia akan membawa kita melampaui keterbatasan-keterbatasan kita. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.