KASIH TANPA SYARAT

Lukas 15:20 Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.

Adalah sebuah kebohongan kalau ada seseorang yang mengatakan bahwa kasih Bapa kepada kita bersyarat. Selama puluhan tahun saya mendengar, “Jika Anda memberi banyak, Tuhan akan menjaga dan memberkati hidup Anda,” “Tuhan sangat mengasihi mereka yang hidup kudus,” bahkan saya pernah mendengar seorang guru sekolah minggu melontarkan kata-kata ini kepada seorang anak, “Kalau kamu bisa duduk manis hari ini, Tuhan Yesus tidak akan marah kepada kamu.”

(Baca juga: MAUKAH KITA MEMILIH UNTUK KUAT DI DALAM TUHAN?)

Kebenarannya, semakin dalam saya mengenal Pribadi-Nya yang baik, semakin saya menyadari bahwa kasih Tuhan kepada kita tidak bersyarat.

Mungkin kita perlu sedikit menyamakan persepsi mengenai kasih tanpa syarat. Tanpa syarat artinya tidak ada satu pun hal yang dapat kita lakukan untuk membuat Tuhan semakin mencintai kita dan tidak ada satu pun hal yang dapat kita lakukan untuk membuat Tuhan berhenti mencintai kita.

Saya belajar bahwa Tuhan tidak mencintai kita karena apa yang kita perbuat, tetapi Dia mencintai kita karena Dia adalah kasih (1 Yohanes 4:8). Tuhan mengasihi kita bukan karena kita baik, tetapi karena Dia baik.

Ketika si bungsu kembali ke rumah bapanya, perlu kita ingat bahwa anak itu berdosa, melakukan kesalahan fatal, bau babi, kotor, dan tidak layak. Namun lihat bagaimana respons sang bapa, “Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.”

(Baca juga: TUHAN MEMILIKI RENCANA YANG INDAH ATAS HIDUP ANDA)

Sudah jelas bukan amarah yang menggerakkan sang bapa berlari, melainkan belas kasihan. Tidak sedikit pun dalam cerita itu sang bapa menghakimi, memarahi, menuduh, atau menyudutkan si bungsu, melainkan sang bapa bersukacita dan membuat pesta. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.