CARA PRAKTIS UNTUK MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN

Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Merenungkan Firman Tuhan siang dan malam adalah hal kedua dari tiga hal penting yang perlu kita lakukan setelah lahir baru. Jika kita percaya Yesus, kita pasti merenungkan Firman-Nya. Jika kita mencintai Yesus, kita pasti mencintai Firman-Nya. Yesus dan Firman Tuhan adalah satu paket yang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan Kristen kita.

(Baca juga: HAL PRAKTIS UNTUK MENJALIN HUBUNGAN DENGAN TUHAN)

Saya ingin kita mengerti bahwa merenungkan berbeda dengan membaca. Membaca sebuah ayat dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik, sedangkan merenungkan sebuah ayat dapat memakan waktu berjam-jam, bahkan berbulan-bulan.

Misalnya kita merenungkan Yohanes 3:16. Kita dapat merenungkan betapa besar kasih Bapa kepada kita yang berdosa. Kita dapat merenungkan betapa serius kasih yang Dia tunjukkan melalui karya salib. Kita juga dapat merenungkan bahwa adalah keinginan dan inisiatif Tuhan untuk menyelamatkan orang berdosa. Dan masih banyak lagi yang dapat kita renungkan dari ayat tersebut.

Cara praktis untuk merenungkan Firman Tuhan adalah dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ayat tersebut dan mulailah mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Misalnya ayat Yohanes 3:16. Ajukan pertanyaan: Mengapa Tuhan begitu mengasihi saya? Apa bukti Tuhan mengasihi saya? Apakah saya layak untuk dikasihi dan mengapa? Mengapa Tuhan ingin menyelamatkan orang yang berdosa?

(Baca juga: PERAN PENTING ORANG PERCAYA DI DUNIA INI)

Teman, luangkan waktu sejenak untuk membaca Firman Tuhan dan merenungkannya. Renungkanlah Firman Tuhan sampai titik kita percaya dan benar-benar mengerti apa yang Tuhan ingin sampaikan melalui ayat tersebut. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.