MEMILIH ANTARA TAKUT DAN PERCAYA

Ayub 3:25 Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.

Sepanjang pengalaman hidup saya, takut dan percaya adalah dua pilihan sikap yang biasanya muncul saat saya perlu membuat keputusan.

(Baca juga: CARA KITA MENYELESAIKAN MASALAH MENENTUKAN KEDEWASAAN KITA)

Satu fakta menarik mengenai takut dan percaya. Kedua sikap ini merupakan bentuk IMAN. Takut adalah bentuk iman negatif, yaitu akibat menyakini sesuatu yang keliru. Sedangkan, percaya adalah bentuk iman positif. Baik sikap takut, atau pun percaya, pada dasarnya membawa kita untuk melihat jauh ke depan, melintasi mata jasmani kita.

Iman melihat kepada sesuatu yang Tuhan janjikan, sekalipun yang terlihat di depan mata adalah hal yang buruk. Sedangkan takut melihat sesuatu yang lebih buruk daripada apa yang ada di depan mata.

Atau dengan kata lain, ketika kita takut atau percaya, pada dasarnya kita sedang mengharapkan sesuatu terjadi di dalam hidup kita.

Contoh dalam hal keuangan. Misalnya uang kita sangat terbatas. Ketika kita takut untuk memberi, pada dasarnya kita mengharapkan kekurangan terjadi. Sedangkan, ketika kita memberi, pada dasarnya kita percaya bahwa kita pasti tidak akan kekurangan. Apakah Anda mengerti apa yang sedang saya maksudkan?

Jika kita memilih takut, kemungkinan besar karena kita memikirkan ini, “Bagiamana dengan ongkos saya, bagaimana dengan kebutuhan sehari-hari saya, bagaimana dengan rencana nonton saya,” dan lain sebagainya. Perhatikan. Semua yang kita takutkan itu belum terjadi, tapi kita “mengharapkan” hal itu terjadi.

Sebaliknya, jika kita memilih percaya, kemungkinan besar karena kita memikirkan ini, “Saya percaya Tuhan yang memelihara saya. Saya percaya benih yang saya tabur pasti berbuah.” Saat kita percaya, kita mengharapkan hal-hal baik terjadi.

(Baca juga: ADA SAATNYA HANYA TUHAN YANG DAPAT MENOLONG KITA)

Kira-kira apa yang Anda pilih? Apakah Anda ingin hidup di dalam rasa takut atau hidup karena percaya(penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.