SIAPAKAH YESUS YANG LAHIR DI KANDANG DOMBA ITU?

Lukas 1:31-33 “Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

Tiga minggu terakhir ini, di gereja tempat saya beribadah, sangat kental sekali dengan tema Natal. Mulai dari lagu yang dinyanyikan, dekorasi yang dipasang, sampai khotbah yang disampaikan. Saya suka sekali suasana tersebut, karena setiap kali mendengar kisah mengenai kelahiran Yesus, sungguh, saya sangat merasa terhormat dapat menjadi bagian dari Kerajaan-Nya yang kekal.

(Baca juga: SAMBUTLAH SANG JURUSELAMAT DUNIA)

Namun yang saya kurang suka, terutama di luar lingkungan gereja Tuhan, Natal seringkali hanya menggambarkan Yesus sebagai bayi yang lucu yang lahir di kandang domba, tanpa memberikan kesan bahwa Dia bukanlah sekadar bayi biasa, melainkan Tuhan yang mengambil rupa seorang manusia.

Mari kita kembali sejenak ke masa ketika malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Maria, ibu dari Yesus, agar kita dapat melihat gambaran utuh mengenai siapa Yesus yang lahir di kandang domba itu.

Malaikat itu mengatakan kepada Maria bahwa bayi yang akan lahir melalui rahimnya adalah Anak Allah Yang Mahatinggi, kepada-Nya akan dikaruniakan takhta Daud, Dia adalah raja atas keturunan Yakub, dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.

Wow! Sungguh menakjubkan pesan sang malaikat mengenai Yesus. Yesus tidak lahir sebagai bayi biasa, melainkan bayi dengan segudang reputasi ilahi.

Dan, yang membuat saya semakin terpesona adalah ketika Firman Tuhan mengatakan bahwa Yesus, yang luar biasa itu, datang ke dunia untuk menyelamatkan saya dari maut dan mengembalikan hubungan saya dengan Bapa Sorgawi.

Tidak tahu dengan Anda, tetapi bagi saya Natal adalah momen penting untuk mengingat kembali kasih Bapa kepada saya yang berdosa dan tidak layak ini. Momen di mana saya mengingat kembali bahwa ada Pribadi yang senantiasa mengasihi, memperhatikan, menjaga, dan memelihara hidup saya.

(Baca juga: BANGKITKAN KEMBALI KASIH ANDA TERHADAP ORANG YANG ANDA BENCI)

Saya percaya Natal ini juga mengingatkan Anda akan betapa besarnya kasih Bapa. Jika ada di antara Anda, yang mungkin karena satu dan lain hal, mengalami musibah di hari Natal ini, saya berdoa Roh Kudus memberikan Anda kekuatan, penghiburan, dan damai sejahtera. Amin.

Selamat Hari Natal,
Zaldy & Dolly Muryadi

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.