PERUBAHAN HIDUP MENUNTUT KOMITMEN

Galatia 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Kemarin kita membahas bahwa perubahan membutuhkan pengorbanan. Itu benar. Namun, perubahan juga menuntut komitmen. Tentu saja setiap kita menginginkan perubahan yang terjadi dalam jangka panjang. Jika demikian, komitmen adalah jawabannya.

(Baca juga: PERLU PENGORBANAN UNTUK MEMULAI SESUATU YANG BARU)

Sederhananya, komitmen adalah sebuah perjanjian yang mendapat prioritas utama dan dilakukan secara konsisten.

Yang saya maksud dengan mendapat prioritas utama artinya kita tidak dapat membuat dua atau lebih komitmen di satu waktu yang sama. Misalnya kita berkomitmen untuk berolahraga dan saat teduh setiap jam 6 pagi. Sudah jelas kita tidak mungkin melakukan keduanya bersamaan. Kita perlu membuat komitmen, misalnya, saat teduh setiap jam 6 pagi, dan olahraga setiap jam 7 pagi.

Kemudian, komitmen adalah sesuatu yang perlu dilakukan secara konsisten. Mungkin dalam hal ini kita dapat menyamakan komitmen dengan rutinitas. Misalnya seorang karyawan yang harus masuk kantor setiap jam 8 pagi. Sekalipun masih dalam keadaan mengantuk, kita akan tetap pergi ke kantor. Sekalipun malam sebelumnya habis cekcok dengan pasangan, besoknya kita akan tetap pergi ke kantor. Kurang lebih seperti itulah konsistensi. Sekalipun kita tidak sedang merasa ingin melakukannya, kita perlu tetap melakukannya. Semata-mata karena kita telah berjanji.

Nah, pada tahun yang baru ini, apa perubahan yang Anda harapkan terjadi dalam hidup Anda? Apakah Anda ingin dapat memainkan alat musik tertentu? Apakah Anda ingin menguasai bahasa tertentu? Apakah Anda ingin belajar hal tertentu? Apakah Anda ingin membangun kembali pelayanan yang tahun kemarin mangkrak? Apa pun itu, perubahan yang Anda harapkan memerlukan komitmen Anda.

(Baca juga: SAAT SITUASI TIDAK SEPERTI YANG KITA HARAPKAN)

Percayalah, ketika kita berkomitmen, atau dengan kata lain, tidak jemu-jemu memfokuskan perhatian kita kepada satu hal tertentu, hal tersebut akan berkembang dan berbuah lebat. Kita pasti menuai hasil dari komitmen yang kita lakukan. (penulis @mistermuryadi)

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.