TUHAN MEMBERIKAN KITA KEBEBASAN UNTUK MEMILIH JALAN HIDUP

Efesus 5:8* Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, 9* karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, 10* dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.11* Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

Salah satu hal yang saya pelajari mengenai Pribadi Tuhan adalah, Dia tidak pernah memaksa kita untuk mengasihi atau menyembah-Nya. Dia memberikan setiap orang kebebasan untuk memilih jalan hidup, sementara di sisi lain Dia menawarkan kepada kita jalan hidup yang penuh damai sejahtera, sukacita, dan keajaiban.

(Baca juga: PERUBAHAN HIDUP MENUNTUT KOMITMEN)

Mengapa Tuhan memberikan kita kebebasan? Karena Tuhan mengerti bahwa kasih adalah sesuatu yang tidak dapat dipaksakan. Kasih hanya dapat terwujud ketika ada kehendak bebas. Atau dengan kata lain, kasih merupakan sesuatu yang dipilih secara sadar, tanpa paksaan.

Tentu saja Tuhan ingin kita mengasihi Dia, hidup di dalam Dia, dan bagi Dia. Namun, Dia tidak ingin kita memilih hal tersebut dengan terpaksa, melainkan karena kita memutuskan ingin mengasihi Dia.

Hari ini kita dapat memilih hidup dalam kegelapan, atau dalam terang. Kita dapat memilih hidup memuaskan diri sendiri atau menjadi berkat bagi orang lain. Kita dapat memilih hidup sembarangan atau menjaga kekudusan. Apa pun pilihan kita, pilihlah dengan berhati-hati dan bijak, karena di dalam semua pilihan terdapat konsekuensi.

(Baca juga: HIDUPLAH UNTUK SESUATU YANG BESAR DAN BERHARGA)

Mari kita baca sekali lagi ayat renungan di atas. Ayat di atas menuliskan konsekuensi jika kita memilih hidup sebagai anak-anak terang, yaitu berbuahkan kebaikan, keadilan, dan kebenaran. (penulis @mistermuryadi)

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.