PERGUNAKANLAH KESEMPATAN YANG ADA UNTUK MENJADI LEBIH BAIK

Galatia 5:13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Saya percaya Tuhan senang memberikan kita kesempatan demi kesempatan agar kita dapat berubah menjadi lebih baik. Saya mengalaminya. Tuhan memberikan saya banyak sekali kesempatan untuk memercayai-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sekalipun saya sudah menolak kesempatan itu beberapa kali, kesempatan itu terus datang sampai suatu hari saya menerima-Nya.

(Baca juga: MEMUJI TUHAN DI TENGAH PERGUMULAN)

Begitu juga kesempatan agar saya menjadi orang yang lebih sabar dan mengasihi. Berulang kali saya harus berhadapan dengan orang-orang yang menyebalkan yang membuat darah saya bergejolak, dan di tengah situasi tersebut, Tuhan mengajar saya untuk mempergunakan kesempatan tersebut melatih kesabaran dan kasih saya.

Dalam hal kemurahan hati, Tuhan juga mengajar saya untuk menjadi orang yang lebih suka memberi daripada meminta-minta. Persepuluhan di gereja, persembahan di persekutuan, atau ketika saya bertemu dengan orang yang membutuhkan, di saat itulah saya merasakan Tuhan memberikan saya kesempatan untuk menjadi orang yang murah hati.

Ijinkan saya sedikit menceritakan kesaksian saya.

Selama satu tahun terakhir, dalam waktu yang tidak bersamaan, ada tiga orang teman sekelas saya yang membutuhkan uang di saat saya juga membutuhkan uang. Setelah beberapa teman lain menyatakan tidak dapat membantu, sejujurnya saya pun tergoda untuk mengatakan yang sama.

Namun, di dalam hati kecil saya, Roh Kudus mendorong saya untuk mengambil kesempatan tersebut untuk melatih kemurahan hati saya, sekaligus melatih saya untuk percaya akan mukjizat dalam keuangan saya. Saya turut berpartisipasi terhadap ketiga teman saya itu meskipun jumlahnya tidak seberapa. Dan, sampai hari ini Tuhan tetap memelihara saya dan istri tanpa kekurangan apa pun.

Yang saya dapatkan ketika mempergunakan kesempatan itu adalah saya belajar percaya kepada janji Tuhan, saya belajar menjadi orang yang murah hati, dan saya belajar taat kepada suara Roh Kudus.

(Baca juga: JANGAN LATIH PIKIRAN KITA MEMIKIRKAN HAL-HAL YANG JAHAT)

Jadi, jika kita ingin berubah menjadi orang yang lebih baik, pergunakanlah setiap kesempatan yang ada untuk menjadi lebih baik. Mungkin awalnya kita melakukan karena terpaksa, tidak apa-apa. Lambat laun kita akan terbiasa, dan akibatnya murah hati, lemah lembut, mudah mengampuni, dan saling mengasihi menjadi bagian dari hidup kita. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

One comment

  1. Masalah yang terjadi di hidup kita adalah kesempatan untuk kita menjadi lebih baik lagi. Bisa kesabaran, ketaatan ataupun keberanian kita. Jadikanlah masalah sebagai kesempatanan bukan hambatan. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.