BERSUKACITALAH DALAM SEGALA SITUASI

Mazmur 118:24 Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

Seseorang yang bijak tidak akan membiarkan situasi, kondisi, atau seseorang mengendalikan sukacita dalam hatinya.

(Baca juga: MENJADI PENYEMBAH ATAU PENGGERUTU?)

Ada sebuah kisah mengenai seorang pria yang sedang berjalan di pinggiran kota bersama temannya. Dia dan temannya singgah di sebuah toko majalah untuk membeli surat kabar hari itu. Sang penjaga toko melayani pria tersebut dengan kasar, tetapi sang pria tetap merespons dengan ramah. Setelah membayar, mereka melanjutkan perjalanan.

Karena penasaran, sang teman bertanya, “Mengapa kamu merespons begitu tenang dan baik terhadap penjual yang kasar itu?” Sang pria menjawab, “Ah, dia memang selalu seperti itu. Lagipula, saya tidak mau membiarkan kelakuan kasarnya mengendalikan sukacita saya.”

Respons pria di atas adalah respons yang Yesus ajarkan kepada kita. Yesus mengubah hidup orang lain, bukan membiarkan diri-Nya diubah oleh perlakuan kasar orang lain.

(Baca juga: GUNAKANLAH WAKTU KITA DENGAN BIJAK)

Mari kita memilih untuk bersukacita dalam segala situasi. Jangan biarkan sahabat yang menyebalkan, atasan yang kasar, rekan pelayanan yang kurang sensitif, atau saudara yang acuh mengendalikan sukacita yang ada di dalam hati kita. Ada begitu banyak alasan untuk bersukacita terlepas dari apa pun perlakukan orang lain terhadap diri kita. Tuhan Yesus memberkati. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Betul banget. Kondisi sulit untuk dirubah, namun keputusan kita atas kondisi tersebut bisa kita tentukan. Tetap tenang dan penuh kasih adalah respon yang baik atas kondisi yang buruk. Terima kasih Koh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.