IMAN YANG BENAR MENGHASILKAN PERBUATAN YANG BENAR

Kejadian 6:22, “Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.”

Sebelum kita membahas ayat di atas, perlu kita ketahui bahwa perbuatan kita bukanlah hal terpenting bagi Tuhan. Yang terpenting bagi Tuhan adalah apa yang kita percaya. Karena, ketika kita memercayai sesuatu dengan benar, otomatis kita akan melakukan perbuatan yang benar.

(Baca juga: TUHAN MENCIPTAKAN MASING-MASING KITA UNIK DAN ISTIMEWA)

Nuh merupakan contoh yang tepat. Suatu hari Tuhan datang kepada Nuh dan memberitahukan bahwa akan ada air bah yang sangat dashyat. Tuhan ingin menyelamatkan Nuh dan seluruh hewan yang ada di muka Bumi.

Alasan Tuhan hanya menyelamatkan keluarga Nuh bukan karena Tuhan meng-anak-emas-kan Nuh, melainkan pada saat itu hanya Nuh dan keluarganya yang memutuskan untuk percaya kepada Tuhan.

Setidaknya ada tiga hal yang Tuhan janjikan kepada Nuh, yaitu air bah akan datang, hewan-hewan akan berkumpul, dan keluarganya diselamatkan.

Mari kita berandai-andai. Bagaimana seandainya Nuh tidak percaya atau hanya setengah percaya kepada Tuhan? Menurut Anda, kira-kira apa yang akan Nuh lakukan?

Mungkin Nuh hanya akan membuat perahu kecil yang hanya cukup bagi dia dan keluarganya, atau mungkin Nuh tidak akan membuat perahu sama sekali.

Pertanyaan saya, mengapa Nuh membangun perahu tepat seperti yang Tuhan perintahkan? Jawabannya sederhana, karena Nuh percaya sepenuhnya terhadap apa yang dijanjikan Tuhan kepadanya.

(Baca juga: HARGA UNTUK MENGIKUT YESUS)

Lihat, ada keterkaitan antara percaya Tuhan (iman) dengan perbuatan. Yang artinya, ketika kita memercayai Tuhan dengan benar, maka secara alamiah kita akan melakukan perbuatan-perbuatan yang benar. Atau dengan kata lain, perbuatan-perbuatan yang kita lakukan menunjukkan iman kita yang sesungguhnya. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.