ADA SAATNYA KITA PERLU MENUTUP MULUT KITA

Lukas 1:20 “Sesungguhnya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai kepada hari, di mana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya.”

Sungguh menarik apa yang malaikat Gabriel lakukan kepada Zakharia. Dia membuat Zakharia bisu akibat ketidakpercayaannya akan kabar baik yang Gabriel bawa.

(Baca juga: SATU HAL YANG DAPAT MEMBUAT YESUS BERSEDIH)

Apa maksud dibalik semua itu? Mengapa Gabriel secara spesifik membungkam mulut Zakharia? Apakah ada hubungan antara ketidakpercayaan seseorang dengan mulut bisu?

Mungkin kita dapat mengerti apa yang Gabriel coba lakukan jika kita membaca apa yang Roh Kudus sampaikan melalui Rasul Petrus dalam 1 Petrus 3:10. Petrus mengatakan, “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.”

Mengacu pada ayat itu, kita dapat memahami bahwa mengucapkan sesuatu yang buruk dapat mengakibatkan hidup dan hari-hari kita menjadi buruk. Tentu Tuhan menganugerahkan hidup dan hari-hari yang baik bagi kita, tetapi ucapan yang buruk dapat membuat kita tidak mengalami apa yang Tuhan sediakan bagi kita. Ya, ada kuasa dalam perkataan kita (Markus 11:23, Amsal 18:21).

Patut direnungkan. Jika Gabriel tidak membungkam mulut Zakharia, ketidakpercayaan Zakharia berpotensi memengaruhi orang-orang di sekelilingnya untuk juga tidak percaya kepada janji Tuhan yang luar biasa mengenai kelahiran Yohanes Pembaptis.

(Baca juga: BAPA INGIN KITA HIDUP DI BUMI SEPERTI DI SORGA)

Saya menarik sebuah kesimpulan. Ketika hati dan pikiran kita sedang dipenuhi oleh ketidakpercayaan, ketakutan, kekuatiran, atau keraguan, kita perlu membungkam mulut kita dibandingkan mengucapkan hal-hal negatif yang dapat menyebabkan kita kehilangan kesempatan untuk menikmati yang baik yang Tuhan sediakan. (penulis:@mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

One comment

  1. Belajar untuk membungkam mulut kita saat keraguan dan rasa panik datang. Lebih baik berdiam dan ingat kembali kebaikan Tuhan daripada berbicara yang menjatuhkan orang lain. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.