ARTI NAMA MANOAH DAN SIMSON

Hakim-hakim 13:8 Lalu Manoah memohon kepada Tuhan, katanya: “Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu.”

Siapakah Manoah? Manoah adalah ayah dari Simson. Ya, Simson yang terkenal sangat kuat itu. Jika Anda membaca kisah mengenai keluarga Manoah, Anda akan menemukan fakta bahwa istri Manoah mandul.

(Baca juga: KITA ADALAH GARAM DAN TERANG DUNIA)

Namun luar biasanya, saat malaikat Tuhan datang, Manoah mengajukan pertanyaan yang positif, “Apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu?” Pertanyaan itu menunjukkan bahwa Manoah percaya akan lahir baginya seorang anak.

Mari kita belajar sedikit bahasa Ibrani. Nama Manoah (manowach) dalam bahasa Ibrani memiliki arti tinggal tenang, istirahat, tempat peristirahatan, atau sebuah kondisi yang tenang. Sedangkan, nama Simson (shimshown) dalam bahasa Ibrani berarti istimewa, kuat, seperti matahari, atau matahari terbit.

(Baca juga: LUPAKAN UCAPAN KUTUK DAN TERIMALAH UCAPAN BERKAT)

Perhatikan, Alkitab menuliskan bahwa Manoah memperanakan Simson. Jika kita mengambil arti dari kedua nama tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa tinggal tenang di dalam Tuhan (arti dari Manoah) akan menghasilkan kekuatan di dalam hidup kita (arti nama Simson) dan dalam tinggal tenang kita akan menikmati janji-janji Tuhan yang terbit atas hidup kita sepasti matahari terbit setiap hari. Haleluya! (penulis:@mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.